Kompas.com - 28/11/2017, 12:41 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

 


Tangerang, KompasOtomotif - Setelah heboh kedatangan produsen otomotif asal China, Wuling, kali ini giliran PT Sokonindo Automobile yang memantapkan eksistensinya 
di pasar dalam negeri, dengan meresmikan beroperasinya pabrik di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten, Selasa (28/11/2017).

Pabrik baru ini punya luas lahan 20 hektar, dengan kapasitas produksi sampai 50.000 setiap tahunnya. Investasi yang digelontorkan sampai Rp 150 juta dolar Amerika Serikat (AS), dan mau ditingkatkan sampai Rp 300 juta dolar AS untuk membangun engine plant
 
Secara keseluruhan, pembangunan pabrik rampung pada Mei 2017 lalu, dan proses produksi yang dilakukan meliputi stamping, welding, painting, assembling, serta quality control. Semuanya diklaim dirancang untuk memproduksi model-model berkualitas tinggi, mulai dari SUV, MPV maupun niaga ringan.
 
"Sebagai merek baru di Indonesia, fokus utama kami adalah pada produk yang kami buat, dan memastikan kualitas yang diproduksi di pabrik berteknologi tinggi. Ini merupakan smart factory berstandar international dengan tingkat kepresisian dan daya saing yang tinggi," ujar Alexander Barus, CEO Sokonindo.
 
 
Franz Wang, Marketing Director Sokonindo, mengatakan, kalau Indonesia merupakan pasar utama bagi Sokonindo, di mana pada masa yang akan datang akan memperkenal pertama kalinya produk anyar l dengan mengusung teknologi terbaru untuk konsumen di dalam negeri. 
 
Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, yang datang dalam peresmian pabrik, mengapresiasi langkah yang diambil oleh Sokonindo. Ini disebut semakin memperluas kerjasama antara Indonesia dan China. 
 
Saat ini 90 persen dari tenaga kerja yang ada merupakan sumber daya manusia (SDM) Tanah Air, yang terus menerus akan mendapatkan binaaan dan pelatihan untuk menjadi mahir di industri otomotif tanpa meninggalkan kearifan budaya lokal. Target lainnya adalah menempatkan generasi muda Indonesia pada posisi manajemen bidang manufaktur, teknologi, kualitas, dan penjualan. 
 
Pabrik Sokonindo akan menciptakan 2.000 tenaga kerja langsung, belum termasuk sekitar 4.000-4.500 lainnya yang terserap pada operasional mata rantai produksi dan distribusi, mulai dari pemasok sampai jaringan dealer. 
 
PT Sokonindo Automobile merupakan perusahaan manufaktur otomotif hasil joint venture antara Sokon Group Company Limited asal Hongkong, dengan PT Kaisar Motorindo Industri dari Indonesia. Sebelumnya Sokon Group telah menjalin kerjasama dengan Dongfeng Motor Corporation  produsen otomotif milik pemerintah China dan memasarkan produk bermerek DFSK.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.