Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Ecstar Berbenah buat MotoGP 2018

Kompas.com - 07/11/2017, 17:15 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tim Suzuki MotoGP tahun ini tak dipungkiri lagi memburuk performanya. Padahal tahun lalu, pebalapnya Maverick Vinales berhasil ada di posisi keempat terbaik, di ajang balap bergengsi di dunia ini.

Sementara tahun ini, posisi klasemen sementara paling baik yaitu Andrea Iannone di posisi ke-11, kemudian Alex Rins bersandar di urutan ke-17. Keduanya tidak berhasil meraih satupun podium tahun ini, dengan hanya tersisa satu putaran lagi di Valencia.

Namun hasil lumayan baik sempat diraih Iannone, yang menciptakan kebangkitan kecil untuk tim, ketika berlaga di Motegi dan Phillip Island. Pebalap asal Italia tersebut ada di posisi keempat dan keenam, dua hasil terbaik Suzuki tahun ini.

Sadar akan kondisi tersebut, Alex Rins menyebut dirinya optimis, berdasarkan pengalamannya melakukan tes di Aragon pada September lalu. Dirinya percaya kalau perubahan besar akan terjadi terhadap tim Suzuki di musim 2018.

Baca juga : Suzuki Pertahankan Duet Iannone-Rins di Musim Depan

Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins.motofire.com Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins.

Di sana, Rins dan Iannone mencoba beberapa suku cadang, yang dirancang untuk digunakan pada musim depan, dan juga spesifikasi mesin yang sudah direvisi. Pengetesan ini menyusul pengakuan Suzuki bahwa mereka, membuat kesalahan saat memilih mesin di awal tahun.

"Sepeda motor 2018 akan sedikit berbeda. Kami mencoba banyak hal di Aragon dan hasilnya besar. Perbaikan tahun depan akan menjadi besar,” ujar Rins mengutip Motosport.com, Selasa (7/11/2017).

“Itu sangat penting, karena kami berdua (termasuk Iannone) banyak melakukan perbaikan mulai dari setelah sepeda motor dan sedikit menyesuaikan di sisi elektronik. Tes Aragon lebih untuk mencoba komponen baru tahun depan, jadi ini adalah tes yang sangat positif," tutur Rins.

Begitu juga dengan Iannone yang percaya, kalau dirinya dan Suzuki akan tampil bagus di musim 2018, setelah menjalani musim dengan performa yang tidak konsisten saat ini.

"Ada momen ketika motor saya punya performa terbaik di trek, tapi di lain waktu mengalami hal terburuk. Kami berharap semuanya akan membuahkan hasil tahun depan. Kami tahu Suzuki memiliki potensi, dan saya bisa menjadi pebalap yang kompetitif, saya sendiri telah menunjukkannya selama tahun-tahun di MotoGP,” ucap Iannone.

Tim Suzuki Ecstar menguji desain aerodinamis baru yang dinamakan Kumis di Sirkuit Twin Ring, Motegi.autosport.com Tim Suzuki Ecstar menguji desain aerodinamis baru yang dinamakan Kumis di Sirkuit Twin Ring, Motegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com