Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologis Pengendara Mobil yang Terobos Razia

Kompas.com - 03/11/2017, 20:02 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Aksi menerobos razia Operasi Zebra yang dilakukan kendaraan multiguna berkelir putih jadi viral karena sosial media. Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Metro Tangerang Kota, AKP Nur, menceritakan perihal kejadian tersebut.

Nur yang saat itu memimpin operasi tersebut mengatakan, bahwa peristiwa itu terjadi di wilayah Kota Tangerang, Rabu (1/11/2017), pukul 09.30 WIB. Tepatnya, di Jalan Benteng Betawi.

Saat itu, kata dia, aparat polisi yang jumlahnya 25 orang melakukan operasi bersama 12 anggota Dinas Perhubungan. "Kami kan apel (sekitar) jam 09.00 WIB. Setelah itu gelar operasi," kata Nur saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (2/11/2017).

Baca juga: Baca juga : Mobil Ini Nekat Seruduk Polisi dan Kabur saat Razia

Nur melanjutkan, sekitar 25 menit atau 30 menit razia tersebut berjalan, mobil itu tiba bersama kendaraan lain, ingin melintasi jalan tersebut. "Kami stop mobil di depannya dan berenti dan diperiksa. Tapi dia (mobil Xenia putih) enggak mau berhenti," kata dia.

Dua anggota sempat mencoba menahan laju kendaraan tersebut tapi pengendara mobil itu terus menekan gas sehingga perlahan-lahan anggota polisi itu pun ikut terdorong.

Kemudian, lanjut Nur, anggota lainnya yang sedang menangani pengendara lain pun ikut membantu. Namun, upaya mereka menghentikan pengendara tersebut tak berhasil. "Karena daripada kami nanti bermasalah ya sudah dilepas," kata dia.

Baca juga : Kenali Jenis dan Jadwal Operasi Lalu Lintas Polisi

Nur menambahkan, dalam setiap gelaran operasi memang ada risiko bagi aparat. Kejadian kemarin menjadi salah satu contohnya. Oleh karena itu, dalam melaksaakan tugas, para anggota juga perlu memeperhatikan faktor keselamatan warga maupun diri anggota.

Namun demikian, menurut Nur, soal risiko sudah menjadi bagian dari tugas. "Ya namanya juga menjalankan tugas," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com