Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Hampir Naik Mobil Tempur saat Resmikan Tol Becakayu

Kompas.com - 03/11/2017, 14:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Kendaraan tempur (ranpur) terlihat ikut dalam rombongan Presiden Joko Widodo saat peresmian Tol Becakayu, Jumat (3/11/2017) pagi. Salah seorang yang terlihat berada dalam mobil tersebut adalah pereli nasional Rifat Sungkar.

Rifat diketahui ikut hadir sebagai panitia acara. Menurut Rifat, mobil tempur yang dinaikinya adalah kendaraan taktis P6-ATAV (All Terrain Assault Vehicle) buatan PT Sentra Surya Ekajaya.

"ATAV ini mobil buatan Indonesia. Khusus buat tentara. Ada yang buat Kopassus, ada juga yang buat Paspampres," kata Rifat saat dihubungi KompasOtomotif, usai mendampingi Jokowi meresmikan Tol Becakayu.

Menurut Rifat, Jokowi sempat hampir menaiki mobil tersebut. Karena ranpur tersebut sudah dipasangi pelat RI 1. Namun Jokowi akhirnya lebih memilih naik Land Rover 110 Country. "RI 1 naik mobil Land Rover yang ada di depannya," ujar Rifat.

 

Kendaraan taktis P6 ATAV milik Satuan Detasemen Bravo 90 Paskhas TNI AU yang dipamerkan saat Dirgantara Expo 2017 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (20/4/2017).  KOMPAS.com/Kristian Erdianto Kendaraan taktis P6 ATAV milik Satuan Detasemen Bravo 90 Paskhas TNI AU yang dipamerkan saat Dirgantara Expo 2017 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (20/4/2017).

P6 ATAV diketahui mulai digunakan sejak tahun 2016. Kendaraan taktis ini sempat dipamerkan di Lapangan Bhineka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat saat pameran peringatan HUT RI ke-72 pada Agustus lalu.

PT Sentra Surya Ekajaya menyebut P6-ATAV dilengkapi dudukan untuk senjata, mulai dari upper gun mounting dan side gun mounting. Sementara itu, empat ban P6 diklaim sanggup menahan terjangan proyektil.

P6 ATAV menggunakan transmisi otomatis dengan dilengkapi kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 120 liter. Saat kondisi bahan bakar penuh, P6 ATAV sanggup melaju sejauh 500 km. Kecepatan maksimum mencapai 120 kpj. Dengan bobot hanya sekitar 2 ton, kendaraan ini bisa dibawa menggunakan Hercules atau digantung ke helikopter berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com