Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Kunci Juara Pabrikan MotoGP Musim ini

Kompas.com - 02/11/2017, 20:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Walau Marc Marquez masih harus menyelesaikan satu seri terakhir di Valencia, Spanyol, buat memastikan gelar juara dunia pebalap, Honda sudah mendapat gelar juara dunia Constructors musim ini pada pekan lalu Sepang, Malaysia.

Baca: Marquez Jamin Honda Tanpa "Team Order" di Valencia

Marquez yang finis keempat di GP Malaysia mengukuhkan Honda sebagai pemuncak klasemen juara dunia Constructors tanpa bisa dilewati pabrikan lain. Honda tidak perlu lagi menunggu GP Valencia sebab sudah berada di puncak dengan beda 29 poin dari Ducati.

Honda mengumpulkan 332 poin, sementara Ducati di posisi dua 303 poin, dan Yamaha ketiga 301 poin. Di setiap seri, pabrikan mendapat poin yang sama dengan pebalap yang finis terbaik. Poin buat pabrikan Honda dikumpulkan oleh Marquez dan rekan setimnya Dani Pedrosa, serta Cal Crutchlow dari LCR Honda.

Marquez sudah memenangi enam seri pada musim ini dan 13 kali menjadi pebalap top Honda, sementara Pedrosa dua kali menjadi pebalap Honda yang finis terdepan. Crutchlow sekali menjadi pebalap tercepat Honda di GP Argentina.

Tahun lalu Honda juga mendapat gelar juara Constructors. Sepanjang sejarah Honda sudah 23 kali diberikan gelar itu sejak 1966. 

Klasemen Constructor 2017 hingga GP Malaysia (17 dari 18):
1 Honda 332 
2 Ducati 303 
3 Yamaha 301 
4 Suzuki 87 
5 KTM 64 
6 Aprilia 64

Sumber: Motogp.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com