Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota C-HR Ini Betenaga “Badak”

Kompas.com - 02/11/2017, 18:51 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

California, KompasOtomotif – Setelah proyek Nissan Juke-R lahir pada 2015 lalu, di mana versi 2.0 disuntik mesin dari GT-R Nismo dan mampu menghasilkan 600tk, kali ini giliran Toyota hadirkan C-HR bertenaga badak juga, untuk dipamerkan di SEMA 2017

Punya label C-HR R-Tuned, model crossover Toyota ini berbeda jauh dari versi sopannya yang hanya punya tenaga 144 tk di mesin 2.0L dengan transmisi CVT. Toyota C-HR R-Tuned sudah di modifikasi total, di bawah kap mesinnya tertanam mesin berkode 2AZ-FE 2.4-liter yang sudah mengalami berbagai pengujian. Mesin ini ditemkan di Camry lama dan juga pada model Toyota Scion tC.

Namum, hampir tak ada yang tersisa dari mesin lawas itu, di mana tim sudah mengobrak-abrik sampai pada penggantian forged poston ke titanium dan inconel valvetrain. Kemudian ditambah lagi dengan Garet turbocharger, demi membantu mesin mencapai 600tk.

Toyota C-HR R-Tuned betenaga kuda.Autoevolution Toyota C-HR R-Tuned betenaga kuda.

Baca juga : Aura Agresif Toyota C-HR Hy-Power

Mesin disalurkan kepada transmisi manual 5-percepatan Toyota E-Series, yang sudah di-upgrade maksimal. C-HR super ini bisa menempuh 0-60 kilometer selama 2,9 detik saja. Memiliki kemampuan seperti ini, C-HR ini nampaknya sulit untuk ditemukan di jalanan umum.

Sayangnya, berbeda dengan Nissan, Toyota nampaknya tidak punya rencana untuk  memasukkan model ini ke lini produksi, dengan unit yang terbatas atau edisi spesial.

Pada sisi eksterior juga dimodifkasi dengan penambahan komponen aerodinamis, yang tersebar di sekitar bodi. Mulai dari bumper depan baru dengan chin spoiler, sike skirt, dan sayap besar di belakang.  Mereka semua membantu menghasilkan downforce sekitar 300 lbs, pada kecepatan 100 mph.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com