MPV Absolut Topang Penjualan Toyota

Kompas.com - 26/09/2017, 13:02 WIB
Toyota Avanza Limited Editon, cuma tersedia 150 unit. Febri Ardani/otomania.comToyota Avanza Limited Editon, cuma tersedia 150 unit.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotifToyota membukukan total wholesales (penjualan/ distribusi ke diler) 34.690 unit pada Agustus 2017. Pencapaian ini tercatat tumbuh 9,7 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya, 31.621 unit.

Pertumbuhan ini didorong oleh produk-produk andalan di segmen MPV seperti Avanza, Innova, dan Calya yang muncul sebagai tulang punggung penjualan dengan kontribusi mencapai 71,3 persen dari total wholesales Toyota.

Avanza misalnya, Agustus lalu terdistribusi 10.212 unit dengan market share 51,4 persen di segmennya. Kendati berada di segmen yang ketat dengan datangnya sejumlah pesaing kuat, Avanza tetap tumbuh 12,2 persen dibandingkan Juli.

Di periode yang sama, Innova membukukan 6.136 unit atau tumbuh 3,4 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Sedangkan Calya mencatatkan 5.992 unit dan tumbuh 7,5 persen.

Baca: Avanza dkk Naik di Agustus, Xpander dan Wuling Masih Absen

Catatan penting dalam perolehan penjualan ini adalah Avanza yang harus diakui masih menjadi pilihan utama dan kukuh sebagai market leader di segmennya. ”Mobil sejuta umat” itu mencatatkan total penjualan lebih dari 1,6 juta unit di pasar domestik sejak pertama kali dihadirkan pada akhir 2003.

”Kinerja positif ini merupakan refleksi dari upaya Toyota yang berkomitmen tinggi memberikan Beyond Product, Beyond Technology, dan Beyond Service sebagai fondasi utama semangat Toyota Let’s Go Beyond,” kata Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM), Yoshihiro Nakata, dalam siaran resmi (26/9/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sepanjang tahun ini, TAM telah menghadirkan beberapa produk baru seperti Venturer, New Corolla Altis, New AGYA, Voxy, dan Fortune TRD yang telah ikut berkontribusi terhadap peningkatan penjualan bulanan.

”Kami berupaya menghadirkan produk-produk yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang kerap berkembang seiring meningkatnya taraf dan kualitas hidup,” kata Wakil Preswiden Direktur TAM Henry Tanoto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.