Ingat Bahaya "Nyeker" Saat Berkendara Motor di Musim Hujan - Kompas.com

Ingat Bahaya "Nyeker" Saat Berkendara Motor di Musim Hujan

Setyo Adi Nugroho
Kompas.com - 03/10/2017, 11:22 WIB
Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujanKompas/Iwan Setiawan Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujan

Jakarta, KompasOtomotif - Musim penghujan kembali tiba. Bagi pengendara sepeda motor, ini menjadi musim yang membutuhkan banyak persiapan untuk berkendara.

Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan pengendara motor adalah menyelematkan alas kaki dari terjangan air hujan dan memilih tanpa alas kaki alias nyeker. Masih banyak yang belum tahu, kebiasaan ini menyimpan potensi bahaya yang besar.

"Sering dilihat dan jadi kebiasaan, pemotor menyimpan sepatunya dan menggantinya dengan sandal. Lebih parah banyak yang kemudian tidak mengenakan alas kaki atau nyeker," ucap Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) saat dihubungi Senin (3/10/2017).

Menurut Jusri, kaki sama halnya dengan bagian tubuh yang lain. Dalam berkendara ia harus terlindungi dengan baik.

Baca : Ingat Persiapan Sebelum Berkendara di Musim Hujan

Bahaya yang mengintai bila tidak melindungi kaki antara lain kaki dapat terluka ketika kecelakaan. Selain itu berkendara tanpa alas kaki yang benar membuat pengendalian sepeda motor berkurang terutama untuk mengoperasikan tuas transmisi dan rem belakang.

Saat ini sudah banyak sepatu berbahan anti air yang dapat digunakan saat berkendara. Juga aksesori untuk melindungi sepatu berbahan anti air yang dapat dimanfaatkan untuk berkendara.

"Jangan biarkan kaki tidak terlindungi. Pengendara motor wajib mempersiapkan dan memperhatikan keselamatan dirinya juga orang lain saat berkendara di kondisi apapun," ucap Jusri.

PenulisSetyo Adi Nugroho
EditorAzwar Ferdian
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM