Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Persiapan Sebelum Berkendara di Musim Hujan

Kompas.com - 02/10/2017, 16:22 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Cuaca hujan belakangan melanda sebagian besar kota di Indonesia. Ini tentu membuat pengendara motor wajib mempersiapkan kendaraannya agar tidak mendapat masalah di tengah jalan.

"Selalu pastikan sebelum digunakan dimusim hujan, sepeda motor laik jalan. Periksa kondisi ban, terutama permukaan dan tekanan udaranya," ucap Jusri Pulubuhu, Training Director, Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) saat dihubungi Senin, (2/10/2017).

Menurut Jusri, perhatian khusus diberikan pada kondisi kelistrikan pada sepeda motor. Pastikan lampu-lampu dan indikator berfungsi dengan baik.

"Lampu tidak hanya jadi penerangan saja, tapi juga alat komunikasi dengan pengendara lain saat hujan," ucap Jusri.

Baca : Bahaya di Balik Sinar Lampu Putih Saat Hujan

Kerap dilupakan pemilik sepeda motor adalah ketersediaan jas hujan di sepeda motor. Pastikan selalu ada ditaruh di bagasi atau membawa tas tambahan untuk jas hujan.

"Pilih model yang dua bagian atau jaket dan celana. Jangan gunakan model ponco karena berbahaya saat berkendara," ungkap Jusri.

Terakhir, bagi pengendara motor selalu waspada dengan kondisi sekitar saat berkendara di tengah hujan. Pelankan laju kendaraan karena kondisi jalan hujan meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com