Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota dan Mazda Bentuk “Geng” Baru Kendaraan Listrik

Kompas.com - 29/09/2017, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Aichi, KompasOtomotif – Toyota Motor bentuk “geng” baru menggandeng Mazda dan produsen komponen Denso Corporation, untuk mengembangkan teknologi dasar kendaraan listrik. Ketiganya menandatangani nota kesepakatan, Kamis (28/9/2017).

Leih dari itu, ketiganya juga memutuskan untuk mendirikan perusahaan baru. Entitas tersebut bakal terdiri dari beberapa insinyur terpilih dari masing-masing perusahaan, untuk memastikan pelaksanaan pengembangan teknologi bisa jalan bersama secara efisien.

Ini menjawab tantangan era baru, di mana banyak negara mulai menerepkan kebijakan ketat, untuk mengurangi polusi udara dan efek rumah kaca. Ini jadi isu mendesak, juga untuk merespons permintaan kendaraan listrik di seluruh dunia secara luas.

Perusahaan baru Aliansi Toyota dengan Mazda dan Denso untuk kembangkan mobil listrik.Istimewa Perusahaan baru Aliansi Toyota dengan Mazda dan Denso untuk kembangkan mobil listrik.

Baca juga : Gandeng Mazda Aksi "Ofensif" Toyota

Perjanjian mencakup pengembangan beragam model, mulai dari kendaraan kecil hingga kendaraan penumpang, kemudian SUV, dan truk ringan. Prosesnya dengan menggabungkan kekuatan masing-masing perusahaan, termasuk perencanaan produk dan kecakapan Mazda dalam pengembangan berbasis pemodelan komputer, Teknologi elektronik Denso, dan platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Melalui proyek pengembangan bersama, melalui kemampuan masing-masing, Mazda dan Toyota bermaksud untuk memfokuskan untuk nilai-nilai kendaraan fundamental, agar kendaraan listrik mereka tetap punya identitas masing-masing merek.

Di perusahaan baru, Toyota menjadi pemilik terbesar dengan menguasai saham sampai 90 persen, sementara Mazda dan Denso masing-masing, 5 persen.  Modal awal yang digelontorkan 10 juta yen atau Rp 134 miliaran, dalam siaran resminya Kamis (28/9/2017).

Aliansi Toyota dengan Mazda dan Denso untuk kembangkan mobil listrik.Istimewa Aliansi Toyota dengan Mazda dan Denso untuk kembangkan mobil listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com