”Double Cabin” Esemka, dari Sketsa Kini Sudah Ada Wujudnya - Kompas.com

”Double Cabin” Esemka, dari Sketsa Kini Sudah Ada Wujudnya

Donny Apriliananda
Kompas.com - 24/09/2017, 15:35 WIB
Model double cabin Esemka Digdaya.Dari akun Facebook Anindya Tejo Martoyo. Model double cabin Esemka Digdaya.

Solo, KompasOtomotif – Setahun lebih sejak KompasOtomotif mendapatkan secara ekslusif gambar sketsa wajah model double cabin Esemka, wujud mobilnya kini bahkan sudah berseliweran di jalanan Solo, Jawa Tengah. Spyshot beredar, dan jika dibandingkan wujudnya sama persis dengan versi coretan.

Banyak model yang akan diproduksi PT Adiperkasa Citra Esemka, mulai dari model mini bus, micro bus/ van, mini truck/ pikap, dan double cabin. Terlihat bahwa Esemka lebih hati-hati menciptakan model untuk menghindari perang langsung dengan pemain yang sudah eksis.

Kebetulan, tipe double cabin terjepret duluan. KompasOtomotif ungkap kembali spesifikasi lengkap dari data yang pernah kami dapatkan. Sekilas tampang dari double cabin yang disebut sebagai andalan merek nasional Indonesia ini cukup menggoda.

Sedikit mirip Ford Ranger generasi terbaru dari depan, terutama dari bagian lampu yang memanjang. Bedanya, gril trapezoidal Ranger tidak ditemukan pada Esemka Digdaya, nama mobil tersebut. Justru bagian belakang yang cukup dekat dengan Nissan Frontier Navara.

Model double cabin Esemka Digdaya.Dari akun Facebook Anindya Tejo Martoyo. Model double cabin Esemka Digdaya.
Digdaya memiliki panjang 5.219 mm, lebar 1.870mm, tinggi 1.844mm, dan sumbu roda 3.100 mm. Sedangkan dimensi bak memilik ukuran panjang 1.497 mm, lebar 1.499 mm, dan tinggi 5.30 mm.

Baca: Berkah Esemka, Hutang Geely Indonesia Tinggal Setengah

Spesifikasi sekilas dari data yang KompasOtomotif dapat, mobil akan menggunakan mesin berkapasitas 1.850 cc diesel injeksi 4-silinder segaris, tidak dijelaskan ada peranti turbo yang menempel atau tidak.

Tenaga yang dihasilkan diklaim mencapai 134 tk @4.000 rpm, dan torsi puncak 300 Nm @2.800 rpm, dikirim via transmisi manual 5-percepatan.

Sistem pengendalianya sudah menggunakan hydrolic power steering layaknya mobil modern saat ini. Fitur keselamatan sistem pengereman depan dilengkapi dengan cakram plus booster, anti-lock braking system (ABS), serta electronic brakeforce distribution (EBD).

Suspensi depan dialokasikan model double wishbone dengan peredam double action hydrolic. Sedangkan bagian belakang menggunakan Axle Rigid per daun dengan peredam yang sama dengan bagian depan.

Mobil baru Esemkan yang akan diproduksiKompas.com Mobil baru Esemkan yang akan diproduksi

PenulisDonny Apriliananda
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM