Toyota Patenkan Teknologi Pilar Tembus Pandang - Kompas.com

Toyota Patenkan Teknologi Pilar Tembus Pandang

Stanly Ravel
Kompas.com - 23/08/2017, 08:42 WIB
Toyota parenkan teknologi Pilar A yang bisa tembus pandangcarscoops.com Toyota parenkan teknologi Pilar A yang bisa tembus pandang

Virginia, KompasOtomotif - Meski berfungsi sebagai salah satu pendukung keselamatan, disadari atau tidak, keberadaan pilar A pada bagian samping kaca mobil juga membuat pandangan mata terhalang. Efek buruknya seringkali membuat area blindspot saat berkendara, terutama saat berbelok atau di persimpangan jalan.

Baca :Toyota Siapkan Teknologi "Dynamic Force" Ketimbang "Turbo"

Mencegah hal tersebut, Toyota rupanya sudah memiliki cara untuk mengatasinya. Hal ini ditunjukkan dengan pegembangan sebuah teknologi pilar A tembus pandang alias transparan yang sudah di patenkan pada sebuah Kantor Paten dan Merek Dagang di Amerika Serikat.

Pengembangan teknologi ini akan menggunakan metode "cloaking" yang diklaim efektif membuat pilar A tidak terlihat. Teknik ini dikembangkan menggunakan cermin yang berguna memutar atau memantulkan cahaya di sekitar objek.

Area blind spotLeftlanenews Area blind spot

Hal tersebut membuat pengendara bisa melihat objek yang ada di balik pilar A. Dilansir dari Carscoops, metode ini dianggap lebih modern dibanding memasang kamera untuk menampilkan gambar di balik pilar.

Meski tidak ada kejalasan kapan teknologi tersebut akan diterapkan, namun membuat pilar A menjadi transparan merupakan solusi yang cukup inovatif mencegah terjadinya blindspot saat berkendara.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
SumberCarscoops

Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM