Begini Tampilan Toyota Rush Minus ”Konde” - Kompas.com

Begini Tampilan Toyota Rush Minus ”Konde”

Donny Apriliananda
Kompas.com - 13/08/2017, 18:33 WIB
Toyota Rush TRD Sportivi versi modifikasi tanpa ban cadangan di belakang.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Toyota Rush TRD Sportivi versi modifikasi tanpa ban cadangan di belakang.

Tangerang, KompasOtomotif – PT Toyota Astra Motor (TAM) menampilkan sederet penampilan baru hasil modifikasi di pameran otomotif Indonesia International Auto Show ( GIIAS) 2017, spesial dari tim desainer lokal. Salah satu yang menarik adalah hadirnya Rush TRD Sportivo tanpa ban cadangan yang menonjol di belakang, atau biasa disebut ”konde”.

Cukup unik, karena biasanya, SUV punya ciri khas ”konde” yang memberi kesan gagah dan tangguh. Tim desainer TAM mencopotnya, dan memindah ban cadangan itu di bagian belakang interior. Artinya, ruang bagasi pun jadi sempit alias volume berkurang.

Namun yang aneh, meski ban cadangan di-take out, namun masih ada semacam tonjolon yang mengesankan tetap ada ban. Sepintas tidak ada yang berubah, namun saat didekati, komponen yang membuat tonjolan itu memang tak setebal jika ada ban sungguhan.

Ban cadangan dipindah ke bagasi dan mengorbankan bangku baris ketiga. Terlihat dari sabuk pengaman yang masih muncul.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ban cadangan dipindah ke bagasi dan mengorbankan bangku baris ketiga. Terlihat dari sabuk pengaman yang masih muncul.
Berbicara soal desain ini, Akbar Juniarto, Designer Staff Convertion & Accessories Planning and Design TAM mengatakan tujuan perombakan ini adalah menggali informasi dari konsumen. Karena, biasanya, banyak penggemar SUV yang masih suka ”konde” untuk kesan gagah, dan tidak ketinggalan zaman.

”Kompetitor kan sudah banyak yang tidak pakai ban cadangan di belakang. Kalau dilepas, apakah konsumen masih menerima?” ujar Akbar, (13/8/2017).

Soal ”pengorbanan” ruang bagian belakang, Akbar mengatakan bahwa Rush sebenarnya memang lahir dengan konfigurasi lima penumpang. Percobaan untuk meletakkan ban cadangan di bagian bawah sudah dilakukan, namun mengalami kendala.

”Tapi tidak jadi (dipindah ke bawah), karena memang desain ruang bagian bawah mobil tidak memungkinkan (untuk diletakkan ban cadangan),” kata Akbar.

Kendati sudah tampil beda, namun adanya ”benjolan” yang terkesan mirip ban cadangan sebenarnya memberi kesan setengah-setengah. Namun Akbar menampik, dan punya alasan tersendiri.

Menurutnya, selain tim tak mau menghilangkan begitu saja kesan ada ban belakangnya, alasan lain adanya tonjolan pada pintu karena masih ada bekas bracket ban belakang yang memang harus ditutup. Lagi pula, Akbar dan tim bergerak di bidang desainer aksesori, bukan desainer mobil.

Belum Dijual
KompasOtomotif menanyakan tentang Rush tanpa konde ini kepada tenaga penjual. Ternyata memang model ini tidak punya harga khusus. Jika memang konsumen berminat, diler bisa mengusahakan penampilan ini dengan harga yang belum bisa ditentukan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDonny Apriliananda
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM