Youtuber Ranz-Niana dan Pendekatan Digital Toyota - Kompas.com

Youtuber Ranz-Niana dan Pendekatan Digital Toyota

Donny Apriliananda
Kompas.com - 13/08/2017, 12:00 WIB
Penampilan Ranz-Niana, Youtuber dan selebgram asal Filipina yang punya keahlian nge-dance di booth Toyota.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Penampilan Ranz-Niana, Youtuber dan selebgram asal Filipina yang punya keahlian nge-dance di booth Toyota.

Tangerang, KompasOtomotif – Tiba-tiba, Hall 10 ICE, BSD City, Tangerang, (12/8/2017), riuh. Teriakan anak-anak dan remaja mengundang perhatian pengunjung Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS) 2017 di area passenger car, khususnya di booth Toyota.

Ternyata ada selebgram dan Youtuber asal Filipina, Ranz Kyle dan Niana Guerrero. Duet kakak-beradik yang jago nge-dance itu melejit dan berkali-kali viral di berbagai lini media sosial. Keahlian menari, tampang yang imut, dan sukses di dunia maya, menjadi magnet banyak remaja dan anak-anak.

Inilah yang coba dimanfaatkan Toyota di panggung Digifest GIIAS 2017. Ranz-Niana adalah simbol, bagaimana media digital sangat berpengaruh saat ini untuk menyebarkan informasi. ”Senjakala” media berplatform non-digital seperti yang diprediksi jurnalis senior belum lama ini bergulir sangat deras.

Akun Youtube Ranz-Niana dengan jutaan subscriber, adalah bukti, betapa media sosial dan arus informasi platform digital menjadi sangat penting untuk menanamkan brand image.

Toyota dan Digitalisasi
Toyota sebagai pemimpin pasar mobil di Indonesia, sadar akan hal ini. Lini digital pun diperkuat, terutama kasak-kusuk di media sosial untuk menggaet pasar baru, terutama remaja.

Eksistensi PT Toyota Astra Motor (TAM) di era digitaliasi sendiri dimulai dari pembentukan official website pada 1996, atau bisa dibilang sebagai pionir di antara merek lain.

Selain itu, TAM juga sangat concern dengan perkembangan media sosial, baik melalui Facebook, Twitter, Instagram, serta Youtube. Saat ini, Facebook likes Toyota mencapai 1,45 juta likes, terbanyak di kalangan Industri otomotif roda empat Tanah Air.

Lainnya, TAM fokus memanfaatkan Youtube dan Instagram. Saat ini, jumlah subscriber Youtube Toyota sudah menembus 81.000 subscriber. Dibentuk juga section khusus bernama E-Marketing Section, yang dedicated untuk menangani segala aktivitas digital TAM.

”Website dan social media diharapkan menjadi salah satu strategi bagi Toyota dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai produk, teknologi, dan layanan Toyota, serta membangun engagement antara Toyota dan pelanggan,” tutur Executive GM TAM Soerjopranoto.

Ranz-Niana bikin booth Toyota di GIIAS heboh.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ranz-Niana bikin booth Toyota di GIIAS heboh.
Penampilan Ranz-Niana
Kembali ke Ranz-Niana, Toyota sukses mengundang banyak remaja dan anak-anak datang ke booth di GIIAS 2017. Teriakan penggemar pecah ketika pemilik akun @nianaguerrero dan @ranzkyle ini mulai menaiki panggung dan menyapa penonton.

Mereka mulai menampilkan skill andalan dengan via lagu-lagu yang populer di akun mereka, mulai I'm The One, Juju On Dat Beat, sampai yang paling nge-hits, Despacito. Penonton pun kurang puas, dan Ranz-Niana menarikan New Jam.

Niana dan Ranz juga ditantang untuk menghibur penonton dengan mengikuti lomba khas perayaan Hari Kemerdekaan Ke-72 Indonesia, yakni memasukkan pensil ke dalam botol. Mereka ditemani Youtuber lokal yang juga punya banyak subscriber, mulai Chandraliow, Tommylim, Kemal Palevi, dan Eka Gustiwana.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDonny Apriliananda
EditorAgung Kurniawan
Komentar