Telaah ”Harga Wow” Wuling Confero S - Kompas.com

Telaah ”Harga Wow” Wuling Confero S

Donny Apriliananda
Kompas.com - 03/08/2017, 16:04 WIB
Wuling Confero S, model pertama SGMW Motor Indonesia yang diproduksi di dalam negeri.Febri Ardani/Otomania.com Wuling Confero S, model pertama SGMW Motor Indonesia yang diproduksi di dalam negeri.


Jakarta, KompasOtomotif
Wuling Motors akhirnya resmi mengumumkan harga resmi Confero S. Mobil yang akan bersaing dengan Avanza CS di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) itu ternyata lebih murah dari patokan banderol awal beberapa waktu lalu.

PT SAIC-GM Wuling (SGMW) Indonesia mematok tipe C (terbawah) Rp 128,8 juta, lalu tipe C (tengah) Rp 150,9 juta, dan tipe L (terlengkap) Rp 162,9 juta on the road DKI Jakarta. Harga varian terendah ternyata lebih murah dari patokan Rp 130 jutaan.

Banderol itu makin bikin geleng-geleng kepala, memancing rasa penasaran banyak orang. Mengapa bisa Wuling yang menyediakan fitur jauh lebih lengkap dan material berkelas, bisa memberikan harga jauh lebih rendah ketimbang para pemain Jepang? Lantas, apakah berarti selama ini, merek-merek yang eksis sebelumnya menjual dengan harga kemahalan?

Wuling Jadi Bukti Seksinya Otomotif Indonesia

Ya, setiap merek punya pertimbangan masing-masing untuk menentukan harga jual. Tapi sebagai gambaran, Xu Feiyun, President of Wuling Motors, seperti dilansir Otomania.com (2/8/2017), ada beberapa faktor penyebab Confero S bisa murah.

Wuling Confero S di PRJ 2017.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Wuling Confero S di PRJ 2017.

Pertama, dari sisi desain. Confero adalah jelmaan dari Wuling Hongguang yang dimodifikasi sedemikan rupa untuk memperkecil ongkos produksi. Wuling tak membutuhkan dana jutaan dollar untuk pengembangan produk baru, karena selama ini Hongguang sudah eksis dan laku keras di China.

Alasan kedua adalah lokalisasi produk. Tak kurang dari 56 persen suku cadang adalah buatan lokal. SGMW Indonesia bahkan membagi investasi jutaan dollar-nya untuk membangun komplek pabrik suku cadang di sekitar pabrik perakitan. Terakhir, karena sistem efisiensi dari proses manufaktur.

Pertanyaan ”nakal” lanjutannya adalah, jika Wuling dengan komponen lokal 56 persen, apakah merek lain dengan komponen lokal yang diklaim sudah lebih dari 90 persen tak bisa memberikan harga yang lebih murah?

Baca: Wuling Dongkrak Kemampuan Produksi Otomotif Indonesia

Image
Wuling sadar, image merek adalah faktor yang sangat berpengaruh buat konsumen di Indonesia. Tak ada kata lain selain memberikan bukti kongkret, atau mungkin pasrah dengan situasi.

KompasOtomotif pernah mendapat pengakuan dari salah satu tenaga penjual Wuling di Jakarta Fair Kemayoran, bulan lalu, yang mengatakan bahwa soal image memang bakal susah dijelaskan kepada orang yang tak mau membuka mata.

Ratusan MPV China Diklaim Laris di Jakarta Fair

Dia bilang, jika calon konsumen sudah ”tertutup” dengan image dan gengsi, akan susah digoda dengan fitur canggih dan layanan purna jual seperti apa pun. Tapi jika calon konsumen datang untuk mencari kualitas mobil dengan harga terjangkau, Wuling Confero S bisa jadi bahan pertimbangan nomor satu.

Wuling Confero S.Ghulam/KompasOtomotif Wuling Confero S.

Merek China memang kerap dikaitkan dengan kualitas. Terlebih masih ada trauma invasi motor China beberapa tahun silam yang kualitasnya jauh di bawah merek Jepang.

Tapi ingat, zaman sudah berubah, dan merek China tak lagi bisa dipandang sebelah mata. Transfer teknologi hasil dari ikatan kerjasama dengan berbagai merek ternama dunia di negeri asalnya, membuat para produsen mobil China begitu percaya diri bisa bersaing.

Memang tak bisa serta-merta disamakan dengan smartphone China yang mulai merasakan hasil manis di Indonesia dengan berbagai mereknya. Namun, kelak, stigma negatif produk China perlahan bisa dikikis, seiring dengan pembuktian kualitasnya.

Baca: Balada MPV Sejuta Umat Pembunuh Avanza

Makanya, kini kita sebenarnya tinggal menunggu waktu, mencari bukti, menanti janji, bahwa Wuling Confero S akan bertahan, tak banyak masalah di kemudian hari. Ini buat yang sekarang sedang wait and see dan ingin cari aman untuk menunda pembelian.

Tapi buat yang sudah percaya, harga Confero S yang ”menusuk dari belakang” segmen LCGC atau bahkan LMPV Jepang, sudah pasti bakal siap menanggalkan gengsi dan stigma negatif merek China.

PenulisDonny Apriliananda
EditorAgung Kurniawan
Komentar

Terkini Lainnya

Pertamina Kembali Kampanyekan Pertamax Turbo

Pertamina Kembali Kampanyekan Pertamax Turbo

News
Benelli Bawa Scrambler Saingan Ducati

Benelli Bawa Scrambler Saingan Ducati

News
Konsumen AHM, Geber 'Supersport' Honda RC213V-S

Konsumen AHM, Geber "Supersport" Honda RC213V-S

News
Mobil Murah pun Masih Diskon

Mobil Murah pun Masih Diskon

News
Awas “Mantra” Pramuniaga yang Mampu Menyihir!

Awas “Mantra” Pramuniaga yang Mampu Menyihir!

Feature
Cicipi Skutik Honda 150 Cc Rp 44,9 Juta

Cicipi Skutik Honda 150 Cc Rp 44,9 Juta

Tes
10 Hari Pameran, 17.000 Kendaraan Terjual

10 Hari Pameran, 17.000 Kendaraan Terjual

News
Kata Mitsubishi soal Kredit Xpander 10 Tahun

Kata Mitsubishi soal Kredit Xpander 10 Tahun

News
Xpander Mulai Serap Konsumen Merek Lain

Xpander Mulai Serap Konsumen Merek Lain

News
Mobil dan Motor Suzuki yang Laris Diekspor

Mobil dan Motor Suzuki yang Laris Diekspor

News
Kenal Lebih Dekat dengan Daihatsu “Move Canbus”

Kenal Lebih Dekat dengan Daihatsu “Move Canbus”

Produk
Ragam Produk 'Aftermarket' Baru di Tangerang

Ragam Produk "Aftermarket" Baru di Tangerang

Aksesoris
Mau Buat 'Mobil Toko' Daihatsu, Ini Harganya

Mau Buat "Mobil Toko" Daihatsu, Ini Harganya

Niaga
Interior Mobil Rasa Pesawat dan Kantor Mewah

Interior Mobil Rasa Pesawat dan Kantor Mewah

Modifikasi
Target Optimistis Suzuki dari Kinerja Ekspor 2017

Target Optimistis Suzuki dari Kinerja Ekspor 2017

News