Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon "Crossover" Baru Nissan Juga DIproduksi di India

Kompas.com - 11/04/2017, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Selain memproduksi Nissan Kicks di Meksiko, merek otomotif terbesar kedua Jepang ini, berencana melahirkan crossover ini di India. Bukan hanya untuk memenuhi pasar domestik tapi juga ekspor.

Mengutip Indianautosblog, Senin (10/4/2017), Kicks bakal dijual di pasar India mulai kuartal ketiga 2018. Sebuah laporan baru menyebutkan, kapasitas mencapai 30.000 unit untuk domestik, 20.000 unit diekspor pada tahun pertama produksi.

Proses produksi akan dilakukan pada fasilitas milik aliansi Nissan dan Renault di Oragadam, Tamil Nadu, India. Kicks yang bakal dijual secara global ini, menggunakan basis platform Nissan Micra, tapi untuk pasar Asia, kemungkinan bakal menggunakan platform B0/Duster, yang juga diproduksi di India.

Baca juga : Nissan Kicks Sang Penantang BR-V Mulai Diproduksi

Renault-Nissan juga menggunakan platform serupa (B0/Duster) untuk Renault Duster dan Nissan Terrano. Renault juga dikabarkan akan meluncurkan Captur yang juga menggunakan platform sama. Jadi, strategi multi-platform yang digunakan prinsipal otomotif demi menjaga efisiensi mulai efektif dilakukan.

Kicks untuk pasar domestik India akan berbagi mesin bensin dan diesel dengan Duster, Terrano, dan Captur. Sedangkan soal eksterior, tampilan Kicks tak akan jauh berbeda dengan yang meluncur di Meksiko.

Namun pihak Nissan masih belum memberikan konfirmasi, apakah akan didatangkan dari India. “Kita studi Kicks belum selesai, masih panjang. Jadi saya tidak bisa bilang akan ambil dari mana,” ujar Budi Nur Mukmin, GM Marketing & Strategy Nissan Motor Indonesia kepada KompasOtomotif, Senin (10/4/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com