Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Kicks Sang Penantang BR-V Mulai Diproduksi

Kompas.com - 28/08/2016, 09:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Aguascalientes, KompasOtomotif – Model sport utility terbaru Nissan, Kicks, yang bakal jadi penantang Honda BR-V, sudah mulai diproduksi di pabrik Nissan Aguascalientes, Meksiko, yang kemudian akan berlanjut ke pabrik baru di Resende, Rio de Janeiro, Brazil. Sementara pemesanan produk ini sudah dibuka sejak pertengahan Juni 2016 lalu.

Baca juga : Nissan Kicks Sudah Bisa Dipesan

Pabrik Nissan Aguascalientes A1, memproduksi Nissan Kicks dengan komposisi komponen lokal mencapai 90 persen, seperti dilansir Indianautosblog, Sabtu (27/8/2016). Pabrik ini juga yang digunakan untuk membangun model Nissan Sentra, Nissan Note, Nissan March (Nissan Micra) dan Nissan Versa (Nissan Sunny).

Selain untuk memenuhi pasar Amerika Latin, rencananya, Kicks juga akan dijual di lebih dari 80 negara, lalu berkembang hingga ke seluruh dunia. Nissan Kicks sendiri berbasis Nissan V platform, yang juga digunakan pada Nissan March (Micra), Nissan Versa, Nissan Sentra dan Nissan Note.

Di pasar pertama, Brazil, Kicks akan didukung oleh mesin flex-fuel (bensin-etanol) 1,6-liter, yang dapat menghasilkan tenaga 114 tk pada 5.600 rpm dan torsi  152.00 Nm pada 4.000 rpm. Daya dikirim ke roda depan melalui continuously variable transmission (CVT) Xtronic.

Pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) sendiri, mengaku sangat tertarik dengan model terbaru ini, dan berencana untuk memboyongnya ke Indonesia. Namun, kapan waktu kehadirannya, NMI masih belum menjelaskan lebih lanjut.

Baca juga : Nissan Jujur Tertarik Boyong Kicks untuk Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com