Selasa, 28 Maret 2017

Otomotif

Cara Memaksimalkan Fungsi Kaca Spion

Febri Ardani/Otomania Spion Lexus NX F-Sport sudah dilengkapi fitur melipat otomatis dan blind spot monitor.


Jakarta, KompasOtomotif
 – Kaca spion jadi bagian penting pada kendaraan. Tanpanya, pengemudi tidak mampu melihat keadaan sekeliling mobil ketika hendak berbelok atau berpindah jalur.

Komponen ini juga tidak lepas dari ubahan oleh pemilik mobil terutama pada bagian kaca. Menurut Wira, dari bengkel Asia Jaya Motor, saat ini ada aksesori kaca spion yang memiliki beragam fitur yang mampu membuat pengemudi tidak kesulitan lagi terutama saat menghadapi kondisi blind spot.

“Modifikasi sederhana pada kaca, mengganti dengan kaca spion yang memiliki lampu di dalamnya. Ini memudahkan pengemudi lain atau pengendara motor mengetahui arah kendaraan kita. Biasanya saat pengendara lain di posisi blind spot, kemungkinan tabrakan dengan mobil lebih tinggi,” ucap Wira saat ditemui beberapa waktu lalu.

Ubahan yang dilakukan pun tidak banyak. Pemilik hanya mengganti bagian kaca dengan yang sudah dipasangkan lampu LED. Interval nyala lampu juga mengikuti dengan bawaan pabrikan.

Otomania/Setyo Adi Modifikasi kaca spion dengan LED, dan anti silau

Selain itu, modifikasi kaca spion ini sudah memiliki fungsi anti silau seperti pada kaca tengah. Ini untuk mencegah sinar dari kendaraan di belakang menghalangi pandangan untuk melihat sekeliling di kaca spion.

“Kaca ini juga punya fungsi hidropobik dimana butiran air saat hujan tidak akan menempel di permukaan kaca. Ini biasanya ada di kaca mobil-mobil Eropa,” ucap Wira.

Menurut Wira, modifikasi kaca ini tidak merusak kaca bawaan pabrikan. Pemilik cukup menyediakan dana Rp 750.000, sudah termasuk biaya pasang.

Penulis: Setyo Adi Nugroho
Editor : Agung Kurniawan
TAG: