Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Belum Merasakan "Aliansi Nissan" di Indonesia

Kompas.com - 26/01/2017, 09:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Semarang, KompasOtomotif - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor Mitsubishi Motor Corporation (MMC) di Indonesia, menggangap aliansi antara Nissan dan Mitsubishi belum berjalan di Indonesia. Keduanya masih tetap fokus pada penjualan masing-masing produk.

Imam Choeru Cahya, Head of MMC Sales and Marketing Group PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), mengatakan hingga saat ini belum ada pembicaraan apapun dengan Nissan Motor Indonesia (NMI).

"Terus terang sampai saat ini kami (KTB) belum pernah duduk bersama dengan pihak Nissan. Jadi kami belum ada pembicaraan apa-apa," kata Imam kepada KompasOtomotif di Semarang, Rabu (25/1/2017).

Imam menegaskan, sampai saat ini ia pun belum mendapat arahan dari pihak manajemen mengenai kabar aliansi dengan Nissan. Bahkan belum ada pembicaraan apapun mengenai masalah ke depannya.

"Di Jepang memang sudah di sounding adanya aliansi dengan Nissan, tapi implementasi untuk kami di Indonesia direction-nya masih belum ada," ucap Imam.

Nikkei CEO Nissan Charlos Ghosn (kiri) dan Presiden Mitsubishi Motors Osamu Masuko (kanan) saat konferensi pers 20 Oktober 2016.

Nantinya, lanjut Imam, apakah akan ada implementasi di Indonesia, seperti akan apa dan bagaimana, saya sendiri belum bisa berbicara apa-apa. Intinya, kami masih berkompetisi dengan produk masing-masing, Nissan fokus pada produknya, KTB juga begitu.

Sekadar informasi, Nissan telah membeli 34 persen saham Mitsubishi seharga 237 miliar yen atau Rp 28,99 triliun. Hal ini dilakukan untuk menyelamatkan Mitsubishi yang sedang krisis akibat skandal kecurangan uji emisi beberapa waktu lalu.

Pernyataan pihak Mitsubishi ini menarik, pasalnya sebelumnya sudah pernah menyatakan bakal memasarkan salah satu model andalan Mitsubishi di segmen MPV sejuta umat lewat prototipe, XM Concept, dengan merek Nissan.

Baca: Mitsubishi Akhirnya Mengakui Small MPV Nissan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com