Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Selangkah Lagi Punya Mobil Otonomos

Kompas.com - 22/12/2016, 13:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

California, KompasOtomotif – Pabrikan mobil sedang gencarnya melakukan pengembangan  mobil otonomos, atau bisa dijalankan tanpa dikemudikan manusia. Tidak mau ketinggalan, produsen asal jepang, Honda, sudah tinggal selangkah lagi memiliki fitur tersebut.

Mengutip Carscoops, Kamis (22/12/2016) Honda mengumumkan kalau mereka sudah melakukan perbincangan serius dengan Waymo, perusahaan teknologi milik Google. Mereka akan mulai mengintegrasikan teknologi “self-driving” pada model mobil Honda.

Jika diskusi ini terbukti sukses, kerjasama teknis antara kedua divisi pengembangan dan penelitian Honda (R&D) dengan Waymo akan dimulai. Kedua perusahaan bakal belajar mengenai integrasi penuh self-driving sensor, perangkat lunak dan komputer yang tertanam di dalam kendaraan.

Honda akan menyediakan mobil untuk armada tes Waymo, sebagai bagian dari kesepakatan potensial. Jika berhasil, Honda merupakan klien kedua Waymo setelah Fiat Chrysler, untuk model Chrysler Pacifica Hibrida.

Kolaborasi ini akan berlangsung di Silicon Valley dan juga Tochigi, Jepang, di mana paara insinyur dari kedua perusahaan dapat bekerja sama. Honda sebelumnya pernah mengungkapkan, kalau mereka baru akan menawarkan model mobil full-otonom sekitar tahun 2020.

Waymo sendiri sudah menyatakan diri, tidak punya tujuan membangun mobil otonomos sendiri, melainkan hanya menjadi pengembang fitur canggih ini, demi memenuhi kebutuhan para produsen mobil, atau sebagai perusahaan pemasok saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com