Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Toyota Masih Mau Merajai Indonesia

Kompas.com - 19/12/2016, 11:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
 — Kelihatannya tahun ini Toyota masih akan menyandang status sebagai merek terlaris di Indonesia. Meski angka resminya belum keluar, market share diperkirakan mencapai 36 persen "plus-minus" hingga 2016 habis.

Perkiraan kasarnya, jika pada tahun ini pasar mobil nasional 1.060.000 unit hingga 1.080.000 unit, Toyota akan finis di angka 375.000 hingga 380.000 unit. Hitung-hitungan itu disampaikan Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Jumat (16/12/2016) di Jakarta.

Menurut Henry, tahun ini pasar tumbuh 3 persen secara ritel, begitu juga dengan wholesales. Tahun depan, target pertumbuhan ekonomi dari pemerintah bisa dijadikan modal.

”Kami ingin tahun depan Toyota minimal market share 36 persen, atau hampir sama dengan tahun ini. Namun, itu tergantung market-nya juga karena banyak hal yang bisa memengaruhi,” ujar Henry.

Beberapa poin yang bakal menentukan, menurut Henry, adalah soal kondisi ekonomi dan politik yang diharapkan tetap stabil. Program pemerintah di sisi infrastruktur juga diharapkan terus berjalan, seiring dengan perbaikan harga batubara.

Pasar mobil nasional pun ditargetkan tumbuh 3-5 persen tahun depan. Artinya, jika tahun ini mencapai 1.070.000 unit, maka pasar mobil tahun depan kemungkinan finis di angka 1,1 juta hingga 1,12 juta unit mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com