Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengurai Peluang SUV Navara di Indonesia

Kompas.com - 19/09/2016, 08:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Nissan Motor Indonesia (NMI) secara tidak langsung sudah memastikan diri bakal meluncurkan model baru, SUV medium berbasis pikap Navara. Kendati nama model dan waktu rilis belum disebutkan, namun pihak NMI membaca peluangnya besar.

Salah satu alasannya, model berbasis pikap merupakan penguasa di segmen SUV medium. Lihat saja bagaimana Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, total penguasaan pasar keduanya mencapai 62 persen.

Theophilus Chin Rekayasa digital versi SUV All-New Navara.
General Manager Marketing Strategy & Product Planning NMI Budi Nur Mukmin menjelaskan SUV dengan ciri khas platform pikap kebal terhadap model SUV medium lain yang didesain crossover, seperti X-Trail, CR-v, atau CX-5. Dominasinya menekan tetapi tidak terganggu segmen lain.

“Kalau ditanya SUV berbasis pikap nantinya apakah akan membesar, jawabannya iya karena tidak ada model yang menjadi substitusi,” jelas Budi di Bogor, Jawa Barat, Kamis (15/9/2016).

Pilihan SUV dari pikap di Indonesia tidak ada yang lebih kecil dari Fortuner dan Pajero Sport, ini mengerucutkan pilihan konsumen. Di lain sisi, tawaran crossover ada banyak. NMI sendiri punya dua, selain X-Trail ada Juke yang secara tidak langsung segmennya dianggap bersinggungan.

“SUV Navara? Laku, karena X-Trail dan sejenisnya itu menghadapi kompetisi tidak langsung dengan kelas di bawahnya karena secara karakter mirip tapi mesinnya yang berbeda. Sementara SUV yang platform pikap, dia tidak menghadapi persaingan dengan bawahnya jadi kebutuhannya sangat spesifik,” ucap Budi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com