Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akselerasi Clubman Cooper S dalam Fakta Data

Kompas.com - 31/08/2016, 16:42 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – New Mini Clubman hadir di Indonesia awal tahun 2016 lalu untuk menyasar calon konsumen keluarga yang ingin kendaraan unik dan sporty. Hadir dengan dua tipe yang dapat dipilih konsumen, Clubman dan Clubman Cooper S, produk ini menawarkan MINI yang berbeda dari sisi fisik karena Clubman hadir dengan ukuran yang lebih besar dari MINI biasanya.

Khusus Clubman Cooper S, tipe ini mengusung mesin 2.0L 4 silinder dengan teknologi TwinPower Turbo yang dikombinasikan dengan kontrol katup elektronik Valvetronic serta transmisi steptronic 8 percepatan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 192 hp dengan torsi maksimum 280 Nm.

Baca: Sensasi Balap Gokart pada Clubman Cooper S

KompasOtomotif yang mendapat kesempatan menjajal Clubman Cooper S mencoba melakukan tes performa dengan alat ukur Race Logic untuk hasil data yang lebih valid. Pengetesan dilakukan dengan melihat waktu tempuh 0-100 kpj dan 100-0 kpj.

Mode pengendaraan tidak diaktifkan alias tetap pada mode Normal untuk mensimulasikan saat pengendaraan harian. Pengetesan dilakukan dari posisi diam (0 kpj) sampai kecepatan 100 kpj kemudian menginjak pedal rem hingga kembali diam.

Otomania/Setyo Adi Hasil pengetesan performa MINI Clubman Cooper S

Hasilnya, dengan bobot pengemudi 80 kg, waktu akselerasi Clubman Cooper S dari 0 sampai 100 kpj membutuhkan waktu 8,2 detik. Dari posisi diam sampai 60 kpj, Clubman butuh waktu 4 detik.

Waktu deselerasi atau pengereman, pada kecepatan 100 kpj, Clubman membutuhkan 2,5 detik dan menghabiskan jarak 20,1 meter hingga diam. Disini membuktikan kemampuan rem Clubman cukup memuaskan.

Bagi keluarga muda yang menginginkan kendaraan stylish dan juga fun to drive bisa jadi pertimbangan memilih Clubman. Kemampuan untuk memuaskan hasrat akan kecepatan juga tidak mengecewakan meski posturnya besar.

New Mini Clubman Cooper S dibanderol dengan harga Rp 869 juta off the road dan sudah dapat dipesan di diler Mini terdekat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com