Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mini Bergerak ke Mobil Hibrida Tipe "Colok"

Kompas.com - 23/06/2016, 17:03 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Bukan hanya BMW yang punya mobil hibrida plug in, merek di bawah BMW AG lainnya, Mini, diketahui sedang mengembangkan Countryman E yang juga punya kombinasi mesin hibrida dan baterai listrik yang mendapat suplai tenaga dari mencolok kabel ke sumber listrik.

Motoringlife, Senin (20/6/2016), menunggah foto-foto yang menunjukan emblem “E” pada bodi yang dipercaya model generasi  terbaru Countryman.

Motoringlife.com Mini Countryman E (F60) tersedia versi Cooper S.
Foto datang beserta informasi teknis, Countryman E dikatakan memakai mesin bensin 3-silinder 1.5L plus transmisis 6-percepatan yang menggerakan roda depan. Selain itu terdapat motor listrik yang membantu menyalakan mesin bensin dan menyuplai tenaga tambahan selama batas waktu tertentu.

Kedua roda belakang digerakan oleh mesin listrik lain yang lebih bertenaga via transimis 2-percepatan. Kedua motor listrik itu terkoneksi pada baterai lithium-ion yang diletakan di bagian belakang mobil.

Tanpa emisi gas, Countryman E bisa melaju 38 km dengan baterai terisi penuh. Kecepatan paling tinggi dalam kondisi listrik mencapai 80 kpj.

Generasi baru Countryman sedang dikembangkan, spyshot unit tes sudah pernah terlihat sebelumnya. Countryman terbaru menggunakan platform UKL yang nantinya menghasilkan panjang bodi 4,4 m, model yang kini beredar hanya 4,1 m.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com