Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Karakter Konsumen Vespa dan Piaggio

Kompas.com - 05/08/2016, 14:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bekasi, KompasOtomotif – Merek Vespa sudah mendarah-daging buat konsumen sepeda motor di Indonesia. Keberadaannya sudah eksis sejak puluhan tahun silam, membuat pemasarannya jauh lebih gampang jika dibandingkan dengan Piaggio.

Sama-sama satu atap, namun saat ditawarkan ke konsumen, Vespa dan Piaggio menjadi cerita yang berbeda. PT Piaggio Indonesia (PID) mengakui bahwa orang Indonesia lebih familiar dengan merek Vespa, tak lain karena komunitasnya yang sudah tak terhitung.

”Butuh waktu mendekatkan merek Piaggio dengan konsumen Indonesia. Makanya, kami berusaha melakukan re-branding (mengenalkan kembali merek) dengan munculnya Liberty dan Medley, Mei (2016) lalu,” kata Igor Panjaitan, Direktur Penjualan PID, (4/8/2016), di Bekasi.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Piaggio Medley di diler Piaggio-Vespa Pondok Gede, Bekasi.
Beda Karakter
Dijelaskan Igor bahwa Vespa dan Piaggio berbeda karakter meski sama-sama bernaung di bawah payung yang sama. Vespa lebih menargetkan konsumen dengan citarasa lifestyle yang tinggi. Sementara Piaggio lebih ditujukan untuk orang yang mobilitasnya tinggi.

”Misalnya, pemakaian dalam kota, digunakan sehari-hari dari rumah ke kantor, itu Piaggio. Makanya, roda cenderung lebih besar, ada ABS, dan sebagainya yang membuat perjalanan makin nyaman,” kata Igor.

Saat ini, PID menjual dua model Piaggio, yakni Liberty dan Medley. Keduanya punya desain yang lebih mdoern jika dibandingkan dengan Vespa. Dua model ini pun dipecah menjadi empat tipe, meski sama-sama mengusung mesin baru i-get yang lebih efisien dan bertenaga.

Range harga berkisar antara Rp 35 juta hingga Rp 45 juta on the road Jabodetabek. PID mengharapkan, re-branding merek Piaggio ini lambat laun akan menyetarakan kekuatan merek bersama Vespa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com