Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Vespa dan Piaggio Suka Beli Tunai

Kompas.com - 04/08/2016, 17:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Para pembeli Vespa dan Piaggio ternyata lebih suka memboyong sepeda motor impiannya secara tunai. Hal itu menegaskan positioning merek Vespa yang bisa dikategorikan sebagai merek premium, dilihat dari segi harga.

Dari penjelasan Direktur Penjualan dan Pengembangan Jaringan PT Piaggio Indonesia (PID) Igor Pajaitan, usai membuka diler baru di kawasan Pondok Gede, Bekasi, (4/8/2016), hanya 10 persen dari portfolio PID yang dibeli dengan skema kredit.

”Di sinilah, sejak Mei (2016) lalu, kami menggandeng CSF (Central Santosa Finance) untuk memasarkan skuter kami, khususnya Piaggio Liberty dan Medley. Banyak keuntungan yang kami tawarkan, termasuk cicilan sangat rendah, bisa dipotong Rp 250.000 per bulan,” kata Igor.

Selama ini, PID memang belum menggandeng kerjasama secara resmi dengan perusahaan pembiayaan. Kendati demikian, diler-diler PID sudah melakukan kerjasama sendiri dengan berbagai leasing, mulai Adira Finance sampai Indomobil Finance Indonesia (IMFI).

Konsumen pun boleh memilih perusahaan pembiayaan gandengan diler, namun Igor mengatakan bahwa akan ada keuntungan tambahan saat konsumen memilih kredit dengan leasing yang sudah menjalin kerjasama.

”Itu memang pilihan konsumen. Tapi khusus untuk Liberty dan Medley, ada fasilitas luar biasa yang ditawarkan oleh CSF,” tegas Igor.

Harga motor-motor Vespa dan Piaggio memang tak sebanding jika dijajarkan dengan motor-motor Jepang. Paling murah, Vespa S 125 yang dibanderil Rp 29,9 juta on the road Jabodetabek. Rata-rata sudah di atas Rp 30 juta, bahkan beberapa line up menyentuh angka Rp 40juta - Rp 55 jutaan.

Diharapkan, dengan adanya kerjasama yang lebih jelas antara PID dan lembaga pembiayaan, penjualan Piaggio dan Vespa di Indonesia semakin kencang, khususnya berasal dari konsumen yang membeli secara kredit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com