Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Paris, Perancis

Renault Tergoda Bikin Mobil Sejuta Umat di Indonesia

Kompas.com - 23/07/2016, 10:56 WIB

Paris, KompasOtomotif - Segmen mobil paling diminati di Indonesia adalah mobil multiguna bawah (low MPV), dengan pangsa pasar terbesar. Hampir semua pabrikan raksasa di Indonesia bermain di segmen ini, seperti Toyota, Honda, Daihatsu, Suzuki dan lain-lain.

Situasi tersebut sangat dimengerti oleh pabrikan asal Eropa, Renault. Sangat disadari, bila ingin sukses berada di Indonesia, harus menawarkan produk yang sesuai dengan karakter konsumen Tanah Air, yakni punya produk MPV dengan harga yang terjangkau.

"Tentu kami sadar dengan kondisi tersebut. Market di Indonesia dikuasai oleh mobil tujuh penumpang. Sementara Renault di Indonesia masih menawarkan model-model secara global, belum model yang disesuaikan dengan karakter konsumen," jelas Susan Tan, Direktur Komunikasi Renault Asia Pasifik, kepada KompasOtomotif, di Paris, Jumat (22/7/2016).

Susan melanjutkan, bila Renault saat ini sedang mempelajari situasi di setiap negara, khususnya di Indonesia. Semua bisa saja dikembangkan, asal potensi pasar tetap terbuka dengan penjualan yang terus tumbuh.

"Ini tergantung dengan performa Renault di Indonesia. Bila secara volume penjualan sudah menjanjikan, tentu apa saja bisa didatangkan buat Indonesia. Semoga model-model yang kami tawarkan nanti seperti New Koleos atau Kwid bisa diterima dengan baik," lanjut Susan.

Namun yang pasti, Susan menegaskan, bila memang Renault membuat MPV untuk Indonesia, itu adalah model yang benar-benar baru, belum ada secara global, dan disesuaikan dengan karakter konsumen.

"Rencananya dalam tiga atau lima tahun ke depan. Model MPV untuk Indonesia adalah model baru hasil pengembangan dan studi kami atas pasar di sana. Bukan model yang sudah ada lalu dibawa ke Indonesia," ujar Susan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com