Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor “Monkey” Rasa Pasuruan

Kompas.com - 01/07/2016, 03:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ragam sepeda motor yang beredar cukup banyak modelnya, mulai dari sport, bebek, skutik,  atau juga yang punya ukuran besar dan kecil. Tentu masing-masing model mewakili keinginan para biker.

Bagi yang gemar kendaraan roda dua berukuran mini atau kecil, “Monkey” dan “Gorilla” ini mungkin bisa jadi pilihan. Produk bermerek Gazgas asal Pasuruan ini, punya tampilan hampir serupa dengan “Monkey Bike” milik  Honda, yang lahir pada 1960-an.

“Sepeda motor ini komponennya berasal dari Thailand 75 persen dan Cina 25 persen, sementara perakitannya ada di Pasuruan, Jawa Tmur,” kat Dimas Arianto, pemilik dari toko aksesori dan modifikasi Kelontong Motor Jadoel (KMJ) yang berlokasi di Jalan Lio, Gang Masuk SMP 90 Jakarta Timur, kepada KompasOtomotif, Kamis (30/6/2016).  

Dimas mengatakan, dirinya tertarik untuk ikut memasarkan, lantaran produk ini unik dan menarik, dan dirasa banyak yang akan berminat. Lebih dari itu juga, sepeda motor mini ini sudah dilengkapi dengan surat-surat yang resmi (STNK dan BPKB).

“Jadi tidak perlu khawatir akan ditilang jika di bawa di jalan raya, karena sudah diuji tipe dan memiliki STNK. Harga yang dibanderol untuk Mongkey Rp 13 juta, sementara Gorila Rp 13,5 juta, ini merupakan harga off the road. Kalau ingin sekaligus surat-surat, tambah Rp 2 juta. Mendapatkan garansi 1 tahun,” ujar Dimas.

Gorila dan Mongkey hanya berbeda pada desain dan kapasitas tanki. Jika Gorila 6 liter sementara Mongkey hanya, 4,5 liter. Perbedaan lain yaitu pada bentuk jok dan bagian belakang sepeda motor.

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi : 1355 x 600 x 860 mm

Jarak Sumbu Roda : 900 mm

Jarak Mesin ke Tanah : 120 mm

Berat Kosong : 64 kg

 

Rangka

Tipe Rangka : Pipa tulang punggung

Tipe Suspensi Depan : Teleskopik

Tipe Suspensi Belakang : Lengan ayun & peredam kejut ganda

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com