Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Minta Insentif Buat Hibrida di Thailand

Kompas.com - 07/06/2016, 15:44 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif – Pihak Toyota Motor Thailand (TMT) serius meminta kepada pemerintah agar memberikan insentif pajak untuk kendaraan hibrida-listrik (hybrid electric vehicles/HEV). Tujuannya, biar harga HEV semakin murah dan industri bisa mengarahkannya jadi volume ekspor.

Dilansir dari Just Auto, Selasa (6/6/2016), Senior vice-president TMT Suparat Sirisuwanangkura mengatakan bakal meminta hal itu kepada menteri terkait bulan ini. Proposal yang diajukan meliputi pajak bea masuk, pajak cukai, pajak pertambahan nilai, dan pajak mobil.

Pada 2015 sudah ada 70.000 mobil hibrida yang beredar di jalan-jalan Thailand. Bila pemerintah ingin jumlah itu bertambah maka harga ritelnya harus lebih rendah. Caranya dengan insentif, bukan hanya untuk produsen tapi juga pembeli.

TMT adalah produsen yang pertama merakit lokal model hibrida, Prius, di pabrik Chachoengsao sejak 2010. Meski produksinya sedang dihentikan mulai Agustus lalu, TMT masih mencetak massal sedan Camry Hybrid.

Di luar Toyota, Honda juga sudah menghasilkan sedan Accrod hibrida di Thailand. Selain itu Thailand juga jadi tempat lahirnya SUV X-Trail hibrida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com