Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Bus Scania Sudah Dipesan Pemprov DKI Jakarta

Kompas.com - 26/04/2016, 08:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – CEO Scania Henrik Henrikssoon pada Jumat (11/3/2016) bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balai Kota. Pertemuannya itu memperkenalkan bus Scania jenis lain untuk alat transportasi umum di Jakarta.

Harijadi Mawardi, Kepala Divisi Pemasaran Truk & Bus PT United Tractors Tbk (UT), mengatakan, informasi terakhir, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membeli 150 unit bus buatan Swedia tipe low entry city bus.

“Bus tersebut akan digunakan untuk kebutuhan bus di luar TransJakarta,” kata Harijadi di kantor pusat United Tractors di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Senin (25/4/2016).

Menurut Harijadi, bus tersebut sangat cocok digunakan di Jakarta, terutama untuk jenis non TransJakarta. Sebab, selain dapat dinaiki di sebelah kiri dan kanan, juga lantainya sangat rendah sehingga penumpang yang naik lebih mudah.

“Kapasitas busnya kurang lebih 64 orang. Komposisinya ada yang berdiri 29 orang dan duduk 35 orang,”kata Harijadi.

Kompas.com/Alsadad Rudi Bus jenis maxi yang ditawarkan Scania ke Pemerintah Provinsi DKI, Jumat (11/3/2016)

Scania sengaja merancang secara khusus transportasi massal dalam kota yang sesuai permintaan Pemprov DKI Jakarta. Bus ini diproduksi di dalam negeri bekerja sama dengan perusahaan karoseri di Indonesia.

Selain itu, keunggulan lainnya seperti sistem operasi yang ekonomis, kapasitas besar, nyaman, serta aman. Bahkan, ketinggian bus ini bisa diatur karena menggunakan air suspension. Badan bus dapat dimiringkan untuk memberikan kemudahan saat menurunkan penumpang. Lantainya rendah sehingga memudahkan penyandang disabilitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com