Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkenalkan, Mobil Tercepat Sekaligus Termewah di Dunia

Kompas.com - 01/03/2016, 16:05 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jenewa, KompasOtomotif – Bugatti mulai mengenalkan Chiron, mobil sport yang diklaim sebagai yang paling bertenaga, tercepat, paling luks dan ekslusif di dunia. Banyak bekal untuk menyandang predikat itu, terutama harus jauh lebih baik dari pendahulunya, Veyron.

Mobil ini disebut sanggup memproduksi tenaga 1.500 tk, atau naik 50 persen ketimbang Veyron. Mesinnya jumbo, 8.000 cc W16, menggunakan empat peranti turbo 2-stage. Laporan terakhir, Bugatti membekali juga dengan kompresor elektrik, meski belum resmi diklarifikasi.

Bugatti Bagian belakang, sangat agresif dengan desain futuristik.
Peranti turbo yang didesain ulang itu juga menjanjikan torsi masif, 1.599 Nm @2.000-6.000 rpm. Dengan kapasitas itu, Chiron bisa melesat dari diam ke 100 kpj hanya dengan 2,5 detik!

Bugatti menyebut akan membatasi kecepatan maksimal 261 mph atau setara 417-an kpj untuk penggunaan dalam kota. Kendati demikian, untuk usaha pemecahan rekor, perusahaan tidak membatasi laju. Rekor Guinness World Record saat ini dipegang Veyron dengan 267,8 mph (428,4 kpj), dan Chiron diharapkan bisa melesat 290 mph atau 464 kpj!

Gaya
Style mobil ini masih membawa nuansa Veyron, terutama pada gril yang berbentuk seperti sepatu kuda. Bahasa desainnya sedikit lebih agresif, dijelaskan dari penggunaan lampu yang memanjang dan bodi yang lebih tinggi serta ramping.

Bugatti Interior dibalut kemewahan.
Dari foto resmi yang beredar, tampak bagian interior dipenuhi lapisan kulit premium. Lalu di beberapa bagian diberi aksen karbon fiber dan aluminium. Edisi spesial sudah dipastikan akan menjadi salah satu varian, yang akan memberikan tema desain dan warna kontras.

Bugatti sudah menjual tiga dari 500 unit yang rencananya diproduksi. Masing-masing terjual sekitar 2,6 juta dollar AS atau setara Rp 34,6 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com