Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Penerus Buggati Veyron Terkuak Tanpa Selubung

Kompas.com - 01/12/2015, 07:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Alsace, KompasOtomotif – Pamor calon model baru, Chiron, yang diklaim Bugatti sebagai supercar paling cepat, bertenaga, mewah, dan eksklusif di muka bumi terlanjur merebak.

Leftlanenews, Senin (30/11/2015), mengunggah satu foto spyshot tampak depan model penerus Veyron itu jauh sebelum debutnya pada Maret 2016 di Geneva Motor Show.

Dipandang dari depan, Chiron punya wajah serius. Bentuk kedua lampu depan mengarahkan garis desain ke gril ciri khas Bugatti. Jalur udara besar di bagian bawah mengindikasikan mesin butuh banyak asupan udara.

Bugatti belum pernah bilang jenis jantung pacu Chiron, namun dari berbagai sumber disebut menggunakan mesin “tengah” yang sama seperti Veyron, W16 dengan empat turbocharger. Bedanya, Chiron bakal menyemburkan tenaga lebih “gila”, yaitu 1.500 tk dengan 1.500 Nm.

Dengan potensi kemampuan segitu, paling menarik menanti keterangan berapa total bobot Chiron agar rasionya dengan tenaga bisa terbaca. Bila tetap bisa berada di aspal saat dipacu maksimal, tandanya teknik pembuatan desain Chiron revolusioner.

Saat Veyron diluncurkan pertama kali pada 2005, rekayasa desain otomotifnya mengguncang dunia dan bertahan inovatif bahkan sampai sekarang. Bugatti sepertinya sangat siap mengulanginya lagi dengan Chiron.

Sama seperti spesifikasi performa, harga Chiron juga masih simpang siur. Ada yang menyebut banderolnya dua kali lipat lebih dari Veyron. Itu berarti di atas 2 juta dollar AS atau setara Rp 27,5 miliar. Cukup untuk membeli lima lusin lebih generasi terbaru Kijang Innova versi termewah, Q diesel transmisi otomatis (Rp 423,8 juta) yang baru saja diluncurkan di Jakarta, Indonesia, pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com