Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pesaing Motor Murah Rp 6 Jutaan Yamaha

Kompas.com - 01/02/2016, 18:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif — Identitas sepeda motor baru Yamaha India seharga Rp 6 jutaan hasil proyek INDRA atau Innovative and New Development based on Responsible Analysis memang belum terungkap penuh. Namun, pesaingnya sudah mulai bermunculan. Salah satunya dari produsen asli India, TVS, yaitu XL 100.

Motor kelas bebek itu sebenarnya telah diperkenalkan di Uttar Pradesh, negara bagian di utara India dengan populasi paling padat, pada Oktober 2015. Pada pekan lalu, XL 100 diluncurkan di Tamil Nadu, yang berada di selatan India, dengan harga 29.539 rupee atau setara Rp 5,9 jutaan.

Keterangan soal jenis model motor super-murah Yamaha masih samar-samar. Jadi, belum bisa dipastikan apakah tunggangan tersebut bersaing langsung dengan XL 100. Meski begitu, bila dipandang dari sisi harga, keduanya jelas punya kompetisi.

XL 100 memiliki mesin 4-tak, 1-silinder 99,7cc, berpendingin udara, serta menghasilkan tenaga 41 tk dan torsi 6,3 Nm. Kecepatan maksimalnya 60 kpj dengan efisiensi konsumsi bahan bakar mencapai 67 km per liter. Sistem transmisi XL 100 memakai girboks 1-percepatan dengan kopling centrifugal wet type.

Pada kaki depan, motor ini mengadopsi suspensi teleskopik, sementara di belakang terdapat swing arm plus shockbreaker hidrolis. Kedua ban berukuran 16 inci dengan rem tromol. Berat total 130 kg, kapasitas tangki bahan bakar 4 liter, dan jarak poros antar-roda 1,215 m.

Dari berbagai informasi yang beredar, model baru Yamaha hasil proyek INDRA menggunakan mesin 4-tak 100 cc–110 cc berpendingin udara. Demi memangkas harga jual, ada banyak perlengkapan yang absen, misalnya pelek alloy, rem cakram, dan starter elektrik. Rencananya, sepeda motor itu baru meluncur di India pada Auto Expo tanggal 5–9 Februari 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com