Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantung Udara Personal Multifungsi

Kompas.com - 28/12/2015, 09:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Paris, KompasOtomotif – Kantung udara (airbag) personal semakin hari semakin populer. Banyak produk dan ide mengemuka, berharap bisa memasuki fase produksi massal. Motoair Airbag One adalah salah satu proyek yang memberikan ide untuk membuat segala aktivitas menjadi lebih aman.

Kantung udara ini berbentuk seperti rompi, bisa dipakai untuk bersepeda motor, naik ATV, kendaraan salju, bahkan berkuda. Airbag One juga bisa dipakai sebagai melapisi bagian dalam pakaian berkendara, atau bisa juga merangkap sebagai pakaian hangat.

Bagian yang dilindungi adalah tulang-tulang penting pada tubuh, mulai daerah belakang leher (termasuk melindungi kepala (tengkorak) bagian belakang, tulang belakang, bagian depan dada, tulang pinggangm dan tulang ekor.

Bagian-bagian inilah yang biasa cedera saat jatuh dari berkendara. Motoair mengklaim, kantung udara ini mengembang 0,18 detik saat terpicu untuk mengembang. Cara kerjanya mirip dengan Alpinestars dan Dainese yang juga punya kantung udara yang dipakai untuk balap dan bersepeda motor.

Pemicu
Menariknya, kantung udara ini hanya bisa mengembang saat pengait satu sama lain terlepas. Misalnya, terjatuh atau turun dari sepeda motor atau kuda. Pengendara wajib terus mengingat kalau sedang mengaitkan antara baju ber-airbag dan kendaraan.

Banyak pembuat kantung udara menyempurnakan sistem ini, membuat harganya semakin tak terjangkau. Namun, Mitoair Airbag One hanya dipatok 189 dollar AS atau setara Rp 2,5 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com