Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor CBU Toyota Indonesia Capai Target

Kompas.com - 17/11/2015, 11:29 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Pasar otomotif domestik lagi bergejolak, tapi kinerja ekspor kendaraan merek Toyota dari Indonesia diprediksi capai target tahun ini, yaitu 175.000 unit.

Selama periode Januari – September 2015, pihak Toyota Motor Manufactur Indonesia (TMMIN) menjelaskan ekspor CBU (completely built up) telah mencapai 139.000 unit.

Pasar ekspor TMMIN meliputi 70 negara di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, Amerika Latin, Kepulauan Karibia, dan Afrika Selatan. Negara yang paling banyak berkontribusi adalah Arab Saudi dan Uni Emirat Arab yang berada di Timur Tengah.

Produk CBU Toyota dari Indonesia yakni SUV Fortuner, MPV Kijang Innova, sedan Vios/Yaris, MPV Avanza, SUV Rush, mobil kota Agya, dan Town Ace/Lite Ace. Tahun ini TMMIN menargetkan total ekspor CBU meningkat 10 persen di banding tahun lalu.

Pasar baru

Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacture Indonesia, I Made Dana Tangkas, Senin (16/11/2015), mengatakan, ingin melebarkan pasar ekspor. Dua wilayah yang dianggap potensial adalah Afrika Utara dan Oceania.

Membuka pasar baru jadi alternatif sekaligus antisipasi pelemahan pasar lain yang terganggu gejolak ekonomi dunia. Afrika Utara dinilai sedang berkembang dan memiliki karakter seperti Timur Tengah. Produk yang dirasa cocok, Fortuner, Innova, dan Vios.

Sedangkan pasar Oceania yang dianggap berpeluang adalah Australia. Di negara benua ini model favorit yaitu mobil bermesin kapasitas besar dan pikap kabin ganda yang bisa disuplai dengan Fortuner dan Hilux.

2016

Kendati tahun ini optimis, situasi pada 2016 belum bisa terbaca. Made Dana menjelaskan belum bisa menggambarkan target ekspor tahun depan.

“Belum tahu karena situasi ekonomi global kondisinya masih menurun. Tergantung situasi yang ada di Timur Tengah dan juga beberapa negara lain,” katanya.

Selain CBU, selama sembilan bulan 2015, TMMIN telah membukukan ekspor CKD (completely knock down) 34.000 unit, mesin bensin 34.000 unit, mesin ethanol 7.000 unit, dan komponen kendaraan 44 juta buah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com