Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Kuat Onderdil ”Aftermarket” Disiksa 4 Bulan?

Kompas.com - 10/11/2015, 15:24 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Medan, KompasOtomotif – Onderdil aftermarket untuk mobil sering disebut tak sekuat suku cadang orisinal. Benarkah? Untuk membuktikannya, tabloid Otomotif (Kompas Gramedia Group) bekerjasama dengan PT Dirgaputra Ekapratama (DEP), pemrodusen suku cadang aftermarket, berniat menguji komponen non-OEM dengan ajang bertajuk Long Term Test (LTT).

Beberapa komponen disiksa selama empat bulan, melintasi rute di Pulau Sumatera, mulai Medan hingga Jakarta, lalu melaju terus sampai Gresik, Jawa Timur. Pengujian ini diharapkan mampu memberi bukt bahwa komponen aftermarket tak kalah mutu dengan orisinal pabrik.

Beberapa merek komponen dilibatkan dalam ajang ini, yaitu RCA dengan produk aki dan kopling set, lalu Neolux yang mengandalkan bohlam lampu depan. Ada lagi merek Kujira dengan produk unggulan komponen kaki-kaki, seperti ball joint, lower arm, tie rod, stabilizer link dan rack end.

Otomotif Kontur jalan bervariasi di Sumatera dirasa menjadi lokai yang tepat menguji ketahanan komponen aftermarket.
Rute variatif
Jumat (6/11/2015), tim LTT berangkat dari hotel Santika Dyandra Premier, Medan, Sumatera Utara. Dua mobil digunakan, yakni Toyota Avanza tipe G M/T dan Innova tipe G M/T. Masing masing mobil telah mengalami pergantian komponen di beberapa bagian sesuai pengujiannya.

Pulau Sumatera dipilih karena kontur jalannya bervariatif. Ada tanjakan ekstrem, trek lurus panjang, aspal kurang mulus di beberapa ruas, hingga kondisi pengendaraan yang stop and go.

Etape pertama  tim akan melintasi pulau Sumatera. Mulai dari Medan ke Rantauprapat, lalu ke Pekanbaru, Padang, Jambi, Palembang, Lampung, dan Jakarta. Jaraknya di lintas Sumatera berkisar 2.500 km. Saat di Jakarta kedua mobil akan dites dengan kondisi riil sehari-hari.

Setelah 3 bulan pengetesan, dilanjutkan ke etape berikutnya yaitu melintasi pulau Jawa. Start dari Jakarta melalui Bandung, Semarang, Yogyakarta, Bromo, dan finish di Gresik, Jatim. Di tempat inilah berdiri pabrik DEP yang memproduksi komponen-komponen yang diuji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com