Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Detail All-New Pajero Sport

Kompas.com - 02/08/2015, 08:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bangkok, KompasOtomotif – All-New Mitsubishi Pajero Sport resmi mendebut di acara Big Motor Sale di Bangkok, Thailand, Sabtu (1/7/2015). Pemesanan unit domestik sudah bisa dilakukan, namun pengiriman unit ke konsumen bakal dilakukan pada Desember.

Pajero Sport terbaru dirancang menggunakan bahasa desain “Dynamic Shield”, rupa eksterior baru jadi pembeda paling kentara dibanding generasi sebelumnya. SUV yang muat 7-penumpang ini dikemas lebih modern dan siap bersaing lagi bersama Chevrolet Trailblazer, Ford Everest, Isuzu Mu-X, dan tentu saja Toyota Fortuner yang juga baru meluncur di Thailand.

All-New Pajero Sport tetap menggunakan ukuran jarak poros roda 2.800 mm, bodinya sekarang lebih panjang namun lebih pendek. Ukuran dimensinya kini panjang 4.785 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.805 mm sedangkan sebelumnya panjang 4.695 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.840 mm.

Tinggi ground clearance 218 mm dengan approach angle 30 derajat, ramp break-over 23 derajat, dan rear departure angle 24 derajat. Suspensi diperbaharui dengan tingkat redam lebih baik serta hitungan geometri diubah agar pengendalian lebih mantab.

Mitsubishi Interior Pajero Sport terbaru. Menggunakan transmisi baru otomatis 8-percepatan.

Interior

Di kabin, konsol tengah ditinggikan plus diberikan aksen perak. Desain kemudi baru, pandangan serta informasi pengemudi sekarang didukung instrument cluster dengan penampang lebih jelas. Terdapat multi-information display (MID) baru yang punya petunjuk tentang kondisi mengemudi, pengaturan mode off-road, hitungan konsumsi bahan bakar, serta bantuan indikator eco untuk mengemudi irit.

Jok memiliki pelapis baru yang lebih menunjang kenyamanan penumpang, ditambah lagi tingkat kesenyapan juga ditingkatkan. Ventilasi udara penyejuk direka ulang agar lebih merata ke seluruh kabin.

Mitsubishi Pajero Sport terbaru di Thailand menggunakan mesin 4N15 2.4L MIVEC turbo commonrail.

Transmisi 8-percepatan

Pajero Sport terbaru di Thailand menggunakan mesin 4N15 2.4L MIVEC turbo commonrail. Tenaga sebesar 181 tk bisa dikeluarkan maksimal pada 3.500 rpm, gerak seluruh bodi mengandalkan torsi maksimal 430 Nm pada 2.500 rpm. Hanya ada satu pilihan transmisi, yaitu otomatis 8-percepatan hasil pengembangan terbaru Mitsubishi.

Ada tiga varian untuk Thailand, yakni teratas GT-Premium dengan sistem gerak 4WD, GT 2WD, dan GLS-LTD 2WD. Khusus untuk varian 4WD dijelaskan memiliki pilihan gerak yang disebut Super-Select 4WD-II yang terdiri dari 2H (gerak dua roda belakang), 4H (gerak empat roda), 4HLC (gerak empat roda dengan center differential lock), dan 4LLC (gerak empat roda dengan differential lock untuk medan berat).

Terdapat mode off-road baru untuk 4WD, yakni Gravel, Mud/Snow, Sand and Rock (khusus 4LLC) yang bekerja bersama Active Stability and Traction Control (ASTC).

Fitur

Hal baru pada generasi ketiga Pajero Sport bukan hanya itu, masih ada berbagai fitur tambahan. Di antaranya adalah Forward Collision Mitigation (FCM), Blind Sport Warning (BSW), around view monitor, sonar parking sensors, electronic parking brakes, Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS), dan tujuh kantong udara. Hill Start Assist dan Hill Descent Control menjadi fitur standar buat varian termahal.

All-New Pajero Sport diproduksi di pabrik Mitsubishi di Laemchabang, Thailand. Setelah memenuhi permintaan awal dalam negeri, suplai unit akan dikirim ke Asia Tenggara dan Australia lebih dulu, kemudian ke pasar lainnya di seluruh dunia dengan total 90 negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com