Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Banderol Motor Balap Marquez Versi Jalan Raya

Kompas.com - 12/06/2015, 07:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Honda mengumumkan hadirnya RC213V-S, versi legal jalan raya dari RC213V yang digunakan juara dunia Marc Marquez di ajang  MotoGP, Kamis (11/6/2015). Sepeda motor ini datang beberapa saat sebelum GP Spanyol di Catalunya, Minggu  (14/6/2015), mendapat berbagai penyesuaian agar legal digunakan di luar sirkuit.

Pihak Honda Motor Company (HMC) menyatakan, hadirnya model ini bukan semata-mata sebagai hasil dari pengembangan teknologi dari berbagai ajang balap dunia. Lebih dari itu, Honda ingin memberikan kesempatan untuk masyarakat mengendarai mesin yang digunakan dalam balapan.

”Membuat mesin yang kencang itu penting untuk memenangi setiap lomba. Namun dalam pandangan Honda, pengendara juga butuh sepeda motor yang mudah dikendalikan. Honda ingin menjadi prinsipal yang menyediakan sepeda motor terkencang di dunia, tapi mudah diajak berkompromi,” tulis pihak HMC dalam siaran resmi di situs Honda global, (Kamis (11/6/2015),

Ubahan

Konsentrasi ubahan dari sepeda motor balap menjadi tunggangan legal di jalanan adalah mengurangi friksi, bobot, penambahan komponen, hingga pengerjaan dengan tingkat ketelitian tinggi agar sepeda motor bisa dikendarai di jalanan umum.

Tipe mesin yang digunakan sama, DOHC V4 berkapasitas 999 cc pendingin cairan. Mesin itu bisa menyemburkan tenaga hingga 157 tk, berkurang jauh dari versi MotoGP yang bisa lebih dari 234 tk! Kalau mau, Honda menyiapkan peranti khusus yang akan menaikkan tenaganya hingga 213 tk.

Harga

Honda RC213V-S akan tersedia dalam dua warna, HRC Tricolor atau Carbon Fiber. Keduanya mendapatkan fairing serat karbon . Peranti elektronik akan menemani pengendara, termasuk kontrol traksi, engine brake, perpindahan gigi cepat, hingga inertial measurement unit (IMU).

Harga dipatok berbeda-beda untuk setiap benua. Di Eropa, harga jualnya 188.000 Euro atau setara Rp 2,8 miliar termasuk pajak. Sementara di Jepang, dijual 21,9 juta yen atau setara Rp 2,3 miliar. Di Australia, dijual 244.000 dollar Australia (Rp 2,5 miliar), dan untuk pasar AS dijual 184.000 dollar  AS (Rp 2,4 miliar).

Rencananya, Honda baru mulai menerima pemesanan pada 13 Juli 2015.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com