Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Bantu Mobil Sport Hibrida AS Ini Hidup Kembali

Kompas.com - 24/02/2015, 08:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

California, KompasOtomotif - Wanxiang Group berencana melahirkan kembali Fisker Karma mulai pertengahan 2016 dengan merek baru, Elux. Mobil sport hibrida yang cukup tenar di kalangan selebriti Hollywood ini, kini sudah di bawah kendali pemilik baru produsen komponen otomotif asal China.

Berdasarkan dua sumber yang mengetahui rencana ini, dilansir Reuters (23/2/2015), Wanxiang resmi mengakuisisi seluruh aset Fisker Automotive yang berpusat di California, AS sejak 2014 lalu. Produsen mobil asli AS ini harus menyatakan diri bangkrut dan melelang seluruh aset perusahaan via lembaga lelang berwenang.

Renkarnasi diciptakan Wanxiang dengan siap meluncurkan versi terbaru Fisker Karma menjadi, Elux Karma dan menghapus nama Fisker, jelas kedua sumber itu. Model baru ini juga dipastikan tidak dirakit di Finanlian seperti yang direncanakan sebelumnya. Sampai saat ini, Wanxiang dikabarkan belum memutuskan lokasi perakitan baru.

Rencananya, mobil hibrida sport AS blasteran Tionghoa ini akan dibanderol sekitar 135.000 dollar AS (Rp 1,7 miliar) per unit, naik 20 persen dari Karma yang terakhir diproduksi 2012. Wanxiang sendiri masih belum memberikan komentar resmi terkait kabar ini.

Fisker Automotive sempat disebut sebagai rival utama Tesla Motor Incorporated yang sama-sama berstatus produsen mobil lokal AS. Sayang, kini Tesla masih bertahan, sedangkan Fisker tak mendapat dukungan dari Pemerintah AS maupun investor lokal, sehingga bangkrut ketika usia perusahaan baru enam tahun, setelah resmi dipasarkan mulai 2007.

Fisker Automotive pertama kali didirkan oleh Henrik Fisker, desainer asal Denmark yang sebelumnya menciptakan beberapa mobil sport lain, seperti Aston Martin DB9 dan BMW Z8.
Musim semi 2014 lalu, Henrik Fisker dikabarkan menjadi desainer untuk Ford Mustang edisi khusus, Rocket. Mobil ini diciptakan berdasarkan pesanan khusus salah satu jaringan pemasaran Gaplin Ford di California, AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com