Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Lahirkan Jupiter Z1 Berstandar Emisi Euro3

Kompas.com - 21/01/2015, 09:24 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memperkenalkan Jupiter Z1 dan langsung diklaim sebagai motor pertama Yamaha yang mengadopsi standar emisi Euro3.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), menggunakan regulasi standar Euro3 yang dikeluarkan Worldwide Motorcycle Emission Test Cycle (WMTC). Dengan aturan WMTC, motor bisa diekspor ke seluruh dunia. Poin plus standar Euro 3 WMTC dibandingkan ECE R40 yaitu adanya aturan untuk mereduksi kebisingan khususnya pada knalpot dan mesin motor.

Yamaha mengaplikasikan Euro3 pada Jupiter Z1 dengan dua perangkat baru yaitu ECU dan knalpot catalic conveter dengan O2 sensor sehingga membuat motor makin ramah lingkungan. Ada perubahan panjang katalis, sebelumnya 30 mm menjadi 60 mm sehingga matrix volume katalis naik dari 25,7 cm3 menjadi 51,4 cm3.

”Memenuhi standard Euro3 karena kontribusi katalis di knalpot. Dengan standar Euro 3, saringan knalpot lebih baik sehingga gas buangannya juga lebih ramah lingkungan. Ini merupakan komitmen Yamaha turut menjaga lingkungan bersama dan menunjukkan sebagai pabrikan yang peduli dan bertanggung jawab kepada masyarakat luas. Tidak hanya Jupiter Z1, motor-motor baru Yamaha yang akan dikeluarkan tahun ini menggunakan Euro3 yang merupakan standar global dan internasional,” papar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dalam siaran persnya, Rabu (21/1/2015).

Yamaha menyatakan siap untuk menghadapi standar Euro3 karena produk-produk Yamaha sudah disiapkan menuju standar tersebut. Sistem FI mempunyai performa yang sangat baik sehingga dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar yang sangat efisien dan emisi gas buang yang rendah.

Jupiter Z1 dengan standar emisi Euro3 ini dibanderol dengan harga sama seperti model sebelumnya. YIMM menetapkan harga jual per unitnya sebesar Rp 14.615.000, harga tersebut On the Road Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com