Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Advertorial

Perpaduan Kemampuan Mesin dan Fitur Canggih pada Smart Hatchback New Ford Fiesta

Kompas.com - 15/12/2014, 10:17 WIB
advertorial

Penulis

-
-
-

Di segmennya, hatchback sub-kompak, hanya new Fiesta yang menyediakan dua pilihan mesin. Pertama, sudah terbukti handal, responsif dan efisien, yaitu Duratec 1.5L, 4-silinder, DOHC dengan teknologi Multi-Point Injection (MPI), Twin independent Variable Camsaft Timing(Ti-VCT) yang menghasilkan tenaga 112PS @6.300rpm dan torsi 140Nm @4.400rpm dan EcoBoost

Untuk varian 1.5 L ini tersedia dalam 5 varian, mulai dari varian dengan harga paling kompetitif, Rp 200,3 juta, yaitu Style 1.5L MT. Tipe yang lebih mantap yaituTrend 1.5L. Dengan pilihan 2 transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis PowerShift khas Ford, 6-percepatan. Ingin lebih keren dan sporty lagi, juga tersedia Sport 1.5L, juga tersedia dengan dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis PowerShift 6-percepatan.

Lalu, ada varian 1.0L EcoBoost, dimana mesin pemenang International Engine Of The Year selama 3 tahun berturut-turut (2012, 2013, dan 2014) hadir di new Fiesta. New Fiesta dengan mesin EcoBoost 1.0L 3-silinder adalah versi terbaru yang dipasarkan Ford Motor Company di berbagai negara, termasuk Indonesia. Kendati kapasitas mesin kecil, kemampuannya menghasilkan tenaga luar biasa, yaitu 125 PS @6.000rpm (dua kali kemampuan mesin 1.000cc konvensional). Lebih hebat lagi, torsi maksimal bisa mencapai 170 Nm (juga dua kali lebih besar) yang dihasilkan mulai dari 1.400 sampai 4.500rpm!

Faktor yang membuat mesin EcoBoost bisa hebat adalah dua teknologi yang mumpuni dan terkini, yaitu sistem injeksi langsung (direct injection) dan turbo charger.

Torsi Besar

Bagi Anda yang masih awam dengan mesin, bisa saja bertanya, apa keuntungan torsi besar yang diperoleh sejak putaran rendah sampai sedang? Pertama, mesin bekerja dengan efisien alias irit bahan bakar. Sedikit tekan pedal gas, torsi maksimal sudah diperoleh.

Jadi, bila Anda menggunakan New Fiesta bermesin EcoBoost, tidak perlu menginjak pedal dalam-dalam untuk mendapatkan torsi besar saat bergerak atau berakselerasi dari diam ke start atau dari kecepatan sedang ke tinggi. Karakterstik tersebut sangat membantu ketika ada menggunakan New Ford Fiesta EcoBoost di dalam yang kota yang sangat macet. Untuk mesin yang mendapatkan torsi pada putaran tinggi, pengemudi harus menekan pedal gas lebih dalam. Berarti juga harus memasok jumlah bahan bakar lebih banyak. Akibatnya boros!

Dengan torsi besar pada putaran rendah (1.400rpm), New Fiesta EcoBoost lebih jago atau gesit saat maju ke depan. Kemampuan tersebut sangat membantu ketika digunakan ke luar kota dengan jalan yang banyak tanjakan. Hebatnya lagi, bila ingin berakslerasi pada kecepatan tinggi untuk mendahului mobil lain, EcoBoost juga bisa melakukannya dengan mudah. Pasalnya, torsi maksimum bisa diperoleh sampai mesin bekerja pada 4.500rpm. Hebat!

Faktor lain yang membuat mesin ini unggul adalah konfigurasi 3-silinder. Dengan ini pula jumlah komponen bisa lebih sedikit. Contohnya, kalau mesin 4 silinder, DOHC menggunakan 4 katup per silinder,jumlah mencapai 16 katup, pada mesin 3-silinder DOHC, 4 katup per silinder, hanya 12 silinder. Belum lagi, busi, koil, piston bersama rekan-rekananya (ring dan setang piston), jurnal kruk as dan sebagainya. Karena komponen yang digunakan lebih sedikit, hambatan juga rendah. Itulah yang membuat mesin menjadi efisien.

Ford Motor Indonesia memasarkan dua tipe new1.0L Fiestadi Indonesia. Perbedaannya, hanya pada transmsisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatik “PowerShift” 6-percepatan. Dengan kombinasi transmisiotomatik dan mesin EcoBoost yang hebat itu, New Ford Fiesta EcoBoost membuat pengemudi terkagum-kagum karena mantap digunakan di setiap kondisi lalu lintas dan jalan.

Transmisi Otomatis

Kondisi lalu lintas dalam kota atau urban yang kemacetannya tidak bisa diprediksi, menggunakan new Fiesta dengan transmisi otomatis Powershift akan sangat membantu. Mobil ini - berdasarkan dimensi dan penampilan – dirancang khusus untuk profesional muda yang berdomisili di tengah kota. Dengan transmisi otomatis PowerShift 6-percepatan yang disandingkan dengan double clutch, pengemudi tidak hanya akan mendapatkan hatchback subkompak yang gesit, juga responsif dan efisien.

Perpindahan gigi berlangsung mulus dan tetap bertenaga. Dengan transmisi ini pula, saat melaju pada kecepatan tinggi di jalan tol, pengemudi bisa memanfaatkan putaran mesin yang lebih rendah untuk memperoleh efisiensi bahan bakar.

Berbagai Fitur Canggih Untuk Kenyamanan dan Keamanan

Kombinasi hebat antara mesin dan transmisi, dilanjuti Ford dengan memasang berbagai fitur canggih agar pengemudi memperoleh kemudahan lain selama mengemudikan new Fiesta. Begitu Anda berada di dalam New Ford Fiesta dan mengemudinya, akan diperoleh kesan sangat mendalam dan kagum. Fitur Ford SYNCTM dengan Voice Command membuat Anda semakin mudah berkomunikasi dengan rekan, kolega atau anggota keluarga yang berada di luar mobil. Komunikasi lancar, Anda bisa mengemudi dengan lebih aman! Suara yang dihasikan sistem audio,membuat pengemudi dan penumpang betah di berlama-lama di kabin.

Fitur keamanan yang juga sangat membantu adalah Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Assist (EBA), dan Electronic Stability Control yang akanbekerja secara aktif pada kondisi darurat. Selain itu juga ada Hill Launch Assist (pada transmisi otomatis) yang akan memberikan jeda 3 detik untuk kaki Anda berpindah dari pedal rem ke pedal gas saat Anda berada di tanjakan. Pelindung yang lebih hebat sebenarnya adalah bodi new Fiesta. Pengemudi dan penumpang, seakan-seakan berada di dalam sangkar yang kokoh bila terjadi tabrakan. Hal itu bisa diperoleh karena bodi mobil dibuat dari baja boron, 4 kali lebih kuat dari baja biasa! 

Untuk mengetahui berbagai kelebihan new Fiesta seperti yang dijelaskan di atas (termasuk yang  belum disebutkan), sebaiknya Anda menyediakan waktu buat “Test Drive”di dealer Ford di seluruh Indonesia yang terus bertambah. Informasi tentang hal ini bisa dilihat disini. Bagi profesional muda yang tinggal di kota, kebetulan selama ini belum menggenal New Ford Fiesta lebih dekat, ayo coba dan bandingkan! (adv)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com