Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lamborghini Beberkan Cara Kerja Konsep Asterion LP 910-4 [Video]

Kompas.com - 06/10/2014, 09:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Paris, KompasOtomotif – Lamborghini mengungkapkan cara kerja mobil konsep hibrida plug in pertama milik mereka, Asterion LP 910-4, saat dipacu di jalan umum dalam video. Menampilkan visual seperti permainan konsol, video tersebut menggambarkan proses penggantian sistem gerak roda sesuai kebutuhan.

Ada dua sumber tenaga Asterion, yakni mesin V10 5.2L bertenaga 610 tk yang diambil dari Huracan dan tiga motor listrik yang menghasilkan 300 tk tambahan. Kombinasi keduanya menghasilkan 910 tk.

Dalam mode “Hybrid”, hanya dua roda depan yang bergerak. Setelah mencapai kecepatan 50 kpj, mesin V10 dan sistem gerak empat roda khusus hibrida mulai bekerja. Kemampuan maksimal Asterion berakselerasi 0-100 kpj bisa dicapai selama tiga detik, Lamborghini mengklaim kecepatan maksimum 320 kpj.

Bila tombol “Zero” yang ada pada bagian bawah kemudi ditekan, mesin V10 akan mati kemudian Asterion akan bergantung pada tenaga yang dihasilkan tiga motor listrik. Dalam mode ini, mobil bisa menjelajah hingga 50 km dan berakselerasi sampai 125 kpj.

Mobil konsep Asterion LP 910-4 kini sedang melantai di Paris Motor Show, Lamborghini mengatakan statusnya hanya sebagai model demonstrasi teknologi. Pabrikan berlambang “banteng mengamuk” ini belum mengatakan rencana memproduksi massal Asterion.

Menurut keterangan Maxim, seperti diberitakan Worldcarfans, Minggu (5/10/2014), CEO Lamborghini Stephan Winkelmann mengungkapkan beberapa elemen yang ada pada Asterion akan digunakan pada SUV pertama mereka, Urus. Winkelmann juga mengatakan tak begitu menyukai model hibrida, bila masuk jalur produksi ia lebih ingin Asterion hanya punya mesin pembakaran internal tanpa bantuan motor listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com