Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perbedaan CBR150R Impor dan Lokal

Kompas.com - 07/09/2014, 14:06 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif- All-New CBR150R yang diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM), (7/9/2014), di Kemayoran, Jakarta Pusat, bukan sekadar ganti baju dan berstatus rakitan lokal. Perubahan dan perbedaannya ternyata cukup banyak jika dibandingkan dengan versi impor utuh dari Thailand.

Kikuo Yamazaki, Large Project Leader Honda R&D Co. Ltd Motorcycle R&D Japan mengatakan bahwa model ini menerima banyak perbaikan di sisi performa. "Kami membuat perubahan sesuai keinginan pengendara Indonesia. Poin utama adalah memberikan kesan sporty dan menurunkan aura balap dari RC213V," jelasnya.

Donny Apriliananda Honda CBR150R Ditargetkan Terjual 4.200 Unit per Bulan.

Dari paparan Yamazaki, perbedaan mendasar ada pada performa mesin dan pengendalian. Agar semakin detail, berikut perbedaan yang bisa diklasifikasikan:

1. Menggunakan rangka teralis milik CB150R Streetfire. Diklaim lebih mantap untuk bermanuver dan mendukung suspensi Pro-Link.

2. Mesin juga mengadopsi milik CB150R Streetfire, DOHC PGM-FI. Karakternya lebih galak di putaran bawah, tapi lebih kecil di putaran atas. Artinya, torsi lebih besar, namun tenaga maksimal lebih kecil dibandingkan model lama.

3. Perubahan pada air cleaner dan desain saluran gas buang. Diklaim kompatibel dengan pengendaraan sporty dan menambah mudah pengendalian.

4. Penampilan depan, dual head lamp seperti CBR250R. Begitu juga model fairing yang dikatakan bisa memberi feeling mengendarai big bike.

5. Bagian belakang, mirip dengan model lama. Hanya AHM memberikan sentuhan lebih pipih untuk bodi samping, sehingga kesannya semakin sporty dan tajam.

6. Hadir dengan rem cakram depan belakang, panel meter digital dengan informasi lengkap (speedometer, odometer, trip meter, fuel meter, jam dan suhu mesin), pijakan kaki berlapis aluminium, serta pengaman kunci bermagnet.

Dipastikan, "rasa" pengendalian akan jauh berbeda dengan model lama. Pasalnya, komponen dasar seperti rangka dan mesin sudah berubah total. KompasOtomotif akan melanjutkannya dengan ulasan tes singkat.

Honda CBR150R rakitan lokal dipasarkan dengan empat pilihan warna sporty, yaitu Honda Three Colors (merah, putih, dan biru), Champion Red (merah) & Speedy Black. (Hitam) dengan harga OTR Jakarta & Tangerang Rp 28,5 juta, dan pilihan warna New Repsol Edition dengan banderol Rp 29,1 juta.

Donny Apriliananda Panel meter digital dengan informasi lengkap, yaitu speedometer, odometer, trip meter, fuel meter, jam dan suhu mesin.
Donny Apriliananda Bagian belakang semakin pipih, tajam dan menguatkan karakter sporty.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com