Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Mobilio, Honda Stop Produksi City

Kompas.com - 06/08/2014, 17:58 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Rajasthan, KompasOtomotif - Honda Mobilio baru saja diperkenalkan di India, dan mendapatkan respon tinggi. Honda India sampai harus mengorbankan produksi City, demi mengejar kapasitas Mobilio.

Honda India mengambil kebijakan dengan menghentikan sementara produksi City pada Agustus ini. Selanjutnya, produksi model sedan itu akan digeser dari pabrik utama Greater Noida ke pabrik Tapukara, di Rajasthan.

Pada 2014 ini, penjualan City mencapai angka 53.605 unit, dengan rata-rata penjualan per bulan 7.658 unit. Angka tersebut membuat Honda memegang 50 persen pangsa pasar pada model segmen C. Namun, Mobilio yang baru diluncurkan pada 23 Juli lalu, sudah mampu mengumpulkan 10.000 unit pemesanan.

Dijelaskan, penggeseran produksi City ini guna memastikan produksi yang maksimal, dan pengiriman tepat waktu dari dua model tersebut. Kuota produksi Mobilio di pabrik Greater Noida akan bertambah tanpa adanya City.

Sementara itu, pabrik Tapukara sudah mulai beroperasi pada Februari 2014 yang memproduksi Amaze (Brio sedan), dengan kapasitas produksi tahunan dari 120.000 unit. Pabrik ini sudah memiliki fasilitas manufaktur penuh, termasuk fungsi vital seperti mesin, pengelasan, sasis, pengecatan, cetakan plastik dan pengujian mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com