Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Berharap Mobilio Bersinar di India

Kompas.com - 24/07/2014, 13:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif - Honda Motor Company terus mencari cara untuk mampu mendorong penjualan dan perolehan pangsa pasar di India. Kali ini, Honda meluncurkan MPV 7-penumpang Mobilio yang sudah terbukti bersinar di Indonesia, Rabu (23/7/2014).

Sejak diluncurkan pertama kali Januari 2014, Mobilio terus menjadi idola baru di segmennya. Bahkan, pangsa pasar Honda terus meningkat, "melukai" rival, seperti Toyota dan Nissan.

Meski baru resmi diluncurkan, Honda India mengaku sudah mengantongi pesanan 5.800 unit. Sementara, Toyota mengaku berhasil menjual 5.377 unit Innova pada bulan keenam tahun ini.

"Mobilio tengah menikmati sukses besar di Indonesia. Saya yakin, Mobilio bisa meneruskan sukses ini di India juga," jelas Yoshiyuki Matsumoto, Managing Officer Honda India, di New Delhi, dilansir Reuters (23/7/2014).

Karakteristik
India dan Indonesia memiliki karakteristik yang sama dalam hal pertumbuhan populasi dari kalangan menengah. Kedua negara juga punya kemiripan latar belakang budaya, sehingga dipercaya mampu menciptakan pasar yang potensial bagi Mobilio.

Bedanya, lebih setengah dari seluruh penjualan mobil di Indonesia yang tercatat 1,23 juta unit merupakan MPV. Sedangkan di India, jenis mobil keluarga ini jumlahnya masih sangat sedikit terhadap total penjualan kendaraan penumpang.

Di India, kendaraan seperti ini banyak digunakan oleh perusahaan dan penyedia jasa sewa mobil untuk mengangkut orang seperti turis. Sementara, pembelian dari konsumen pribadi saat ini masih rendah, tetapi diprediksi bisa naik cepat.

Honda India menargetkan bisa menguasai pangsa pasar 25 persen dari pasar dengan penjualan dipatok 1,2 juta unit hingga Maret 2017. Mobilio, diposisikan sebagai salah satu kunci untuk mengejar target itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com