Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kota dengan Tingkat Kemacetan Terparah

Kompas.com - 13/07/2014, 21:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Amsterdam, KompasOtomotif - Perusahaan berbasis teknologi sistem navigasi kendaraan asal Belanda, TomTom, merilis hasil survei tahunan mereka terhadap tingkat kemacetan di seluruh dunia.

Disebutkan, pengemudi di seluruh dunia menghabiskan rata-rata waktu delapan hari per tahun karena terjebak macet. Menariknya dari survei juga disimpulkan, justru jalan sekunder bisa lebih “menyeramkan” dibanding jalan utama.

TomTom menjelaskan, kota dengan kondisi macet terparah adalah Moskow di Russia, dengan indeks kemacetan 74 persen. Angka itu berdasarkan komparasi waktu berkendara saat perjalanan biasa berbanding waktu macet terparah yang dialami kendaraan.

Dengan kata lain, pengemudi di Moskow mendapatkan sekitar 76 menit tambahan per jam saat kondisi macet berada di puncaknya. Jadi, bila biasanya berkendara menghabiskan waktu 60 menit, maka saat macet butuh waktu lebih dua kali lipat.

“Respon terhadap kemacetan sepert membangun jalan baru atau melebarkan jalan tidak lagi terbukti efektif,” ujar CEO TomTom, Harold Goddijn, seperti diberitakan Forbes, Jumat (10/7/2014).

Berikut daftar indeks kemacetan terparah di seluruh dunia versi TomTom;

Moscow, Russia: 74 persen
Istanbul, Turki: 62 persen
Rio de Janeiro, Brazil: 55 persen
Mexico City, Meksiko: 54 persen
São Paulo, Brazil: 46 persen
Palermo, Italia: 39 persen
Warsaw, Polandia: 39 persen
Rome, Italia: 37 persen
Los Angeles, AS: 36 persen
Dublin, Irlandia: 35 persen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com