Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal Penting Berkendara Saat Puasa

Kompas.com - 26/06/2014, 16:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Berkendara saat puasa? Tidak jadi masalah. Aktivitas boleh padat tapi ibadah harus tetap berjalan. Paling penting dan harus diperhatikan adalah persiapan, perhitungan, dan kesabaran. Emosi bisa membuat boros energi tubuh. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum berkendara di kala puasa menurut RIfat Sungkar.

1. Periksa keadaan mobil di bengkel
Ada baiknya mengecek mobil atau melakukan servis berkala. Tentunya agar kondisi kendaraan tetap prima. Perhatikan detail, sebab hal kecil yang luput bisa menjadi besar selama perjalanan. Misalnya, kondisi tekanan angin ban, ketersediaan bahan bakar, lampu, AC, dan yang lainnya. Ketika mobil bermasalah, dipastikan emosi akan mudah terpancing dan untuk menyita energi untuk melakukan perbaikan.

2. Perbanyak protein dan cairan saat sahur
Rifat mengatakan, saat sahur jangan terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat sebab bisa menyebabkan kantuk. Asupan yang harus diperbanyak, yakni protein dan cairan. “Kita terkadang sulit menahan rasa haus dibanding rasa lapar,” ujar Rifat melalu siaran persnya, Kamis (26/6/2014).

3. Perhatikan jarak tempuh, waktu, dan ketahanan tubuh
Intinya, jangan sampai energi terbuang karena kalkulasi yang salah selama perjalanan. Apabila hal itu terjadi, yang bisa anda lakukan adalah bersabar.

Pada hakekatnya melakukan aktivitas apapun di Bulan Ramadhan merupakan ibadah. Hanya saja dilakukan dengan efisiensi, sebab "bahan bakar" tubuh terbatas. Persiapan merupakan kata kunci untuk mempersiapkan perhitungan, agar tetap sabar dan terhindar dari emosi berlebihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com