Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Golf GTI dan Scirocco GTS Edisi Terbatas

Kompas.com - 03/06/2014, 15:11 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif - Garuda Mataram Motor (GMM) selaku ATPM Volkswagen (VW) di Indonesia, resmi meluncurkan dua model baru, Golf GTI Mk7 dan Scirocco GTS, di mal Living World, Tangerang, Selasa (3/6/2014).

Keduanya dipasarkan dalam jumlah terbatas, Golf GTI cuma 60 unit dengan harga Rp 731 juta (on the road Jakarta). Sedangkan Scirocco GTS dibanderol Rp 590 juta (on the road Jakarta) dan hanya tersedia 40 unit.

"Pasokan dua model buat Indonesia ini memang terbatas, tapi jumlah itu memang sesuai dengan permintaan," ujar Andrew Nasuri, Presiden dan CEO GMM, saat peluncuran.

KompasOtomotif-Febri Ardani VW Golf MK7 GTI
Golf GTI
Melanjutkan peluncuran Volkswagen Golf generasi ketujuh di IIMS 2013 lalu, butuh waktu cukup lama buat GMM menghadirkan versi paling tinggi, GTI. Andrew menjelaskan, masalah utama sama seperti model lainnya yang meluncur di Indonesia, butuh penyesuaian dari spek Euro 5 ke Euro 2 (Indonesia). 

"Kendalanya tetap jenis bahan bakar. Kita bukan down spec, tenaga dan performanya sama tapi gas buangnya yang berbeda. Yang diganti suspensi, thermostat, radiator, pemetaan ulang ECU, dan catalitic converter," urai Andrew.

Tenaga 212 PS dan torsi 350 Nm dihasilkan mesin 4-silinder, kapasitas 2.0 L. Kemampuan itu bisa dicapai, namun "aman" menggunakan jenis bensin yang beredar di Indonesia. GMM mengklaim, di trek lurus akselerasi 0-100 kpj mampu ditempuh dalam waktu 6,5 detik. Kecepatan maksimum 246 kpj.

"GTI bukan cuma sekedar kendaraan tapi ikon. Generasi ketujuh GTI lebih luar biasa," umbar Andrew. 

Scirocco GTS
Penampilannya mencolok dengan "striping balap" dari kap mesin hingga buritan. Pada dasarnya nama GTS bukanlah kode produksi, tapi lambang aksesori khusus. "Ubahannya hanya aksesori dengan konsep limited," jelas Andrew.

Terdapat berbagai ubahan dari edisi terdahulu, jahitan logo GTS di jok mobil, setir, dan door trim. Masih ada lagi yang menjadi pembeda dari varian standar, pelek 18 inci dan sunroof. Versi GTS hanya tersedia di jenis mesin 1.4 L bertenaga 160 PS dan torsi 240 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com