Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampang Radikal Volkswagen GTI Roadster Gran Turismo

Kompas.com - 30/05/2014, 13:36 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Carinthia, KompasOtomotif – Daya tarik permainan Gran Turismo mampu menghipnotis para produsen mobil untuk terlibat di dalamnya. Setelah BMW menunjukkan Vision Gran Turismo Concept, giliran Volkswagen tak mau kalah dengan memamerkan GTI Roadster, pada Wörthersee Festival, di Carinthia, Austria, minggu ini. Tampangnya gagah dan futuristik, mencerminkan kecepatan yang dipendam.

Dibangun dari Design Vision GTI Concept yang meluncur tahun lalu, GTI Roadster jauh lebih radikal. Bagian depan tetap menunjukkan style GTI, tapi bagian lainnya diberi sentuhan aerodinamika cukup banyak, membuatnya tampil sebagai mobil balap ketimbang mobil jalanan. Sayap di belakang yang besar dikatakan Volkswagen menambah downforce ketika melaju kencang.

Di dalam, seperti karakter mobil balap lain, jok hanya ada dua dengan model racing, dilengkapi sabuk pengaman lima titik. Lingkar kemudi juga bergaya balap, dipadu nuansa interior berwarna hitam dan merah untuk menyesuaikan warna eksterior.

Leftlanenews Tenaga yang dihasilkan mencapai 504 PS dan torsi 560 Nm.

Sistem penggerak juga ”ugal-ugalan”, diklaim produsen mobil asal Jerman itu tak mengecewakan. Mesinnya menggunakan tipe V6, twin-turbo, 3.000cc, yang sanggup mengeluarkan tenaga 504 PS dengan torsi 560 Nm! Tenaga disalurkan ke semua roda dengan transmisi 7-percepatan, kopling ganda.

Dengan tenaga dan torsi sebesar itu, mobil bisa melaju dari diam ke 100 kpj hanya 3,5 detik. Kecepatan maksimal tembus 308 kpj.

Tidak ada rencana VW mentransfer teknologi GTI Roadster menjadi mobil produksi massal, tapi para penggemar bisa menikmatinya secara virtual dalam Gran Turismo 6 yang akan diluncurkan bulan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com