Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Patenkan Nama ”YZF-R3” dan ”R3”

Kompas.com - 17/01/2014, 09:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotif – Yamaha mematenkan nama ”YZF-R3” dan ”R3” untuk produk di Uni Eropa. Pengajuan paten nama itu sudah dilakukan 6 Januari lalu, dan sampai saat ini masih dalam tahap pengecekan. Jika sudah disahkan, nama ini akan digunakan untuk produk yang diduga kuat bakal diluncurkan dalam waktu dekat.

Tidak ada detail data dalam pengajuan paten nama itu. Hanya dijelaskan, nama YZF R3 dan R3 akan dipakai untuk sepeda motor, skuter, skuter tiga roda, atau peranti (tools). Tentu, data ini cukup mengecoh, seperti yang dilakukan pada pendaftaran paten nama untuk MT-09. Saat itu disebutkan, nama MT-09 untuk digunakan untuk identitas kendaraan darat, kendaraan di air, sepeda motor, skuter dan sejenisnya.

Indikasi
Kini coba kita bedah satu persatu. Jika dikatakan nama YZF R3 dan R3 akan dipakai untuk skuter, rasanya tidak mungkin. Karena sudah ada skuter yang dinamai Tricity, dan kode ”YZF” biasanya mengacu untuk sepeda motor sport, misalnya YZF-R1, YZF-R6 dan lainnya. Untuk dipakai pada nama skuter tiga roda, jelas tidak mungkin.

Indikasi besar pertama, YZF-R3 akan dipakai untuk generasi sepeda motor sport ber-cc kecil. Munculnya prorotipe YZF-R25 untuk sepeda motor 250cc, 2 silinder, bisa jadi akan ditemani mesin 300 cc dengan nama YZF-R3. Sama seperti Kawasaki dan Honda, varian 250cc juga diberi alternatif 300cc untuk pasar kawasan tertentu.

Teori lain, ”3” bisa diartikan mesin tiga silinder. Sudah ditelurkannya FZ-09, sepeda motor "telanjang" bermesin tiga silinder adalah dasar teori ini. Bisa jadi, Yamaha ingin melahirkan teman FZ-09 dengan versi fairing yang kelak disebut YZF-R3.

Biasanya angka dipakai untuk menyimbolisasikan kapasitas silinder, bukan jumlah silinder. Jadi, apakah YZF-R3 akan lebih dekat dengan sepeda motor sport ber-fairing 300cc? Teka-teki yang layak disimpan dan ditunggu jawabannya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com